Tips Frans Lingua Hadapi Modus Kejahatan Ban Kempis

Kamis, 04/08/2016 14:19 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Banyaknya kriminalitas yang terjadi di jalan raya, seringkali membuat pengemudi mobil kuatir. Beberapa daerah di Jakarta, bahkan sudah ditandai, sebagai kawasan rawan kriminalitas.

 

Banyak modusnya, salah satunya para perampok yang menggunakan motor, berpura-pura membantu memperingatkan pengemudi mobil bahwa bannya kempes. Lalu untuk membuat pengemudi lebih panik lagi, komplotan lainnya muncul dengan motor berbeda dan mengingatkan hal yang sama dengan menunjuk ke arah ban mobil korban.

Ketika mobil korban menepi, para perampok ini langsung melancarkan aksinya. Beberapa orang mengalihkan perhatian pengemudi dengan mengajak korban berbicara, dan satu orang lainnya melancarkan aksi perampokan, ketika pengemudi lalai mengunci pintu.

Sebagai instruktur Muay-thai,  Frans Mohede yang juga vokalis Lingua punya tips untuk meminimalisasi resiko kriminalitas di jalan raya. "Yang penting, jangan memancing, seperti dengan menggeletakkan tas dengan keadaan terbuka atau menelfon sambil nyetir,"

Belajar ilmu beladiri, menurut suami Amara ini merupakan hal yang penting. "Tapi walau pun kita mahir beladiri, seorang pengemudi harus selalu aware dengan sekitar. Jadi ketika ada aksi yang mencurigakan, dan kita perlu bereaksi, kita tidak dalam keadaan lengah," ujar ayah 3 anak, yang memiliki nama lengkap Francois Henry Willem Mohede

Karena menurutnya, pengemudi dalam mobil, sebetulnya berada di posisi yang lemah. "Posisi duduk, dalam ruang kabin yang terbatas, akan membuat pengemudi sulit. Seandainya harus berhadapan dengan perampok yang berada di ruang terbuka dan memiliki ruang gerak yang luas," ungkap pria yang akan meluncurkan album terbaru LINGUA bertajuk Mampu Bertahan pada bulan September nanti.

"Tapi jangan mentang-mentang bisa bela diri, jangan berbuat konyol juga," tambah pria yang menyukai mobil SUV 7-seaters ini, sambil mengakhiri perbincangan.

Wah, mau dong diajarin Muay-thai. (Rally Marina)

Trio Lingua dengan personal lengkap. Hati-hati modus kejahatan di jalan raya

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag