4 Hal Penyebab Aki Mobil Soak Dalam Waktu 6 Bulan

Jum'at, 05/08/2016 17:36 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Pernahkah anda mengalami kejadian membeli mobil baru namun mendapati kendala aki drop alias soak dalam waktu 6 bulan? Secara nalar sangatlah sulit diterima, mengingat umumnya usia pakai aki baru berkisar 1 – 2 tahun. Khususnya jika anda menggunakan aki basah, hal ini sangatlah mungkin terjadi, dan anda patut waspada.

“Meskipun aki baru, bukan tidak mungkin aki tidak bisa drop walaupun umumnya jarang terjadi. Pengguna aki basah meski melakukan perawatan berkala terhadap aki agar usia pakai aki bisa lebih lama lagi. Setidaknya ada 4 hal penyebab aki mobil soak dalam waktu tidak lebih 1 tahun, dengan mengenali penyebab setidaknya pemilik mobil bisa melakukan antisipasi,” Ujar Tumenggung dari gerai Fast kepada mobilinanews.

4 penyebab aki soak seperti yang diutarakan Tumenggung bisa saja terjadi dari faktor human eror atau juga dikarenakan faktor kegagalan produk.

  1. Intensitas penggunaan mobil yang cukup tinggi. Mobil yang sering digunakan berpotensi membuat performa aki basah menurun. Penggunaan aki yang intens otomatis akan membuat air aki cepat habis, terlebih jika tidak melakukan pengecekan bukan tidak mungkin aki ngambek dan berhenti berfungsi dalam seketika.
  2. Mobil jarang sekali digunakan. Salah kaprah jika anda berpikir mobil yang jarang dipakai aki akan tetap dalam kondisi prima. Mobil yang jarang dipakai atau hanya sekedar dipanaskan tidak memberikan suplai kelistrikan yang cukup sehingga kapasitas listrik pada aki tidak optimal dan aki akan soak dalam hitungan bulan.
  3. Ampere aki yang terlampau kecil. Hal ini bisa saja membuat aki rusak sebelum waktunya. Dengan ampere kecil sedangkan kebutuhan listrik dengan kapasitas kelistrikan tinggi membutuhkan aki dengan ampere yang besar pula. Bila dipaksakan aki akan mengalami over supply sehingga usia pakai aki akan berkurang.
  4. Penambahan aksesoris mobil yang terkait kelistrikan. Penambahan car audio system, penambahan aksesoris lampu dan part elektrik non standar lainnya dapat menggerogoti usia aki. Sangat dianjurkan jika ada penambahan aksesoris terkait kelistrikan, kapasitas aki pun harus disesuaikan atau diganti dengan ampere yang lebih besar lagi.

Ditambahkan oleh manager Fast yang khusus memberikan pelayanan pengantian aki dan servis berkala seputar ban dan oli, kendala aki mati mendadak juga bisa disebabkan oleh usia aki yang tersimpan dalam waktu lama sehingga ketika aki dipasangkan di mobil baru, sudah dalam kondisi performa yang tidak baik.

Dengan mengetahui 4 penyebab yang dapat menurunkan performa aki, setidaknya anda dapat segera melakukan antisipasi. Jika sampai aki rusak total dan mobil jadi harus mogok mendadak, akan lebih merepotkan lagi. Semoga bermanfaat!

TERKINI
April 2024, Chery OMODA E5 Terjual 506 Unit di Indonesia! Tips Membeli Mobil dengan Sistem Kredit, Pertimbangkan Aspek-Aspek Ini Harga Toyota Calya Bekas Kini di Bawah Rp100 Juta, Rekomendasi Mobil Murah dan Muat Banyak Apakah Air Radiator Berperan Penting pada Mobil? Simak Penjelasan Ini Agar Bradsis Tidak Rungkad