GIFO Volume 3 Perkenalkan Autocross Sebagai Cabang Motorsport Baru

Senin, 29/08/2016 16:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Pertamina (Persero) kembali menghadirkan gelaran Fas In Flat Out (GIFO) Volume 3 dengan konsep berbeda. Jika sebelumnya GIFO hadir dengan konsep city rally di berbagai SPBU Pertamina, kali ini GIFO menggunakan konsep Autocross.

Autocross merupakan jenis cabang motorsport yang menggunakan waktu dan keandalan melewati lintasan di lapangan terbuka. Bentuk lintasan terdiri dari cone, dimana peserta harus melewati lintasan secepat mungkin tanpa menjatuhkan cone. Setiap cone yang jatuh dihitung sebagai penalti dengan hukuman tambahan waktu.

Berbeda dengan Gymkhana dan Slalom, layout track autocross lebih sederhana tanpa mengharuskan driver untuk menarik e-brake atau melakukan sliding. Perbedaan signifikan lainnya, layout autocross lebih mengacu untuk ke arah high speed.

GIFO Volume 3 berlangsung pada hari Minggu (28/8) di area parkir terbuka Indonesia Convention Exhibition (ICE) - BSD, Tangerang. Sebanyak 50 mobil yang sebagian besar bermesin turbocharger dan ratusan partisipan mengikuti kegiatan ini. Bahkan beberapa drifter profesional unjuk kebolehan di ajang ini.

“Autocross memang merupakan hal yang sangat baru di Indonesia. Dengan Gas In Flat Out Volume 3, saya berharap ajang ini dapat menumbuhkan bibit-bibit baru di cabang motorsport ini," papar Dean Zen, drifter nasional yang ikut ambil bagian di acara GIFO Volume 3.

Ditambahkan Dean, layout track-nya cukup menantang dan tergolong adil untuk seluruh kelas yang dipertandingkan. Mulai dari jenis mobil Front Wheel Drive (FWD), Rear Wheel Drive (RWD), serta All Wheel Drive (AWD).

"Mudah-mudahan acara seperti ini dapat diselenggarakan secara rutin sehingga autocross ini dapat berkembang lebih pesat di Tanah Air,” tambahnya.

GIFO Volume 3 menjadi bagian dari peluncuran BBM baru PT Pertamina (Persero), yakni Pertamax Turbo yang diluncurkan beberapa waktu lalu di ajang pameran GAIKINDo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Dalam autocross, keandalan pengemudi harus selaras dengan performa kendaraan. Penggunaan bahan bakar berkualitas tinggi Pertamax Turbo dengan RON 98, tentu memberikan sebuah pengalaman baru dalam memacu mobil dengan bahan bakar beroktan tinggi.

Pertamax Turbo kini sudah tersedia di 23 SPBU Pertamina di Jabodetabek, antara lain di MT Haryono, BSD City, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, Pramuka, Cikini, Abdul Muis, Yos Sudarso, Cempaka Putih, Pasar Baru, Tol Jagorawi, Tol Jakarta – Cikampek km 19, Arteri Kelapa Dua, dll. Dan akan terus bertambah seiring dengan antusiasme tinggi konsumen menggunakan produk ini. (Zie)

Berikut daftar juara Autocross GIFO Volume 3

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda