Jelajah Alam Ke Titik Nol Kalimantan Dilangsungkan Oktober 2016

Sabtu, 03/09/2016 13:51 WIB

mobilinanews (Banjarbaru) - Banjarbaru. Kabar menyenangkan datang dari pulau Kalimantan buat para adventurer yang hobi jelajah alam dengan kendaraan. Pasalnya bakal digelar sebuah ajang Jambore Offroad Adventure bertajuk "Bottom of Borneo 2016" atau disingkat BOB yang diusung Borneo Offroad Club (BOC) Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Kepastian ini disampaikan Syarifuddin, Ketua Penyelenggara BOB. "Ya, direncanakan Jum'at-Minggu, 28-30 Oktober 2016 akan digelar event Jambore Offroad Adventure dengan titel Bottom of Borneo," ungkap mantan Ketua RAPI Kalimantan Selatan ini.

Dinamakan bottom karena peserta bakal finish di titik 0° koordinat paling bawah Pulau Kalimantan yaitu di pantai Kawasan Mercusuar Tanjung Selatan Batakan, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalsel. Sedangkan lokasi start dimulai dari kota Banjarbaru.

Dijelaskan Syarifuddin, kegiatan ini lebih menitikberatkan pada Country Road guna menikmati keindahan alam, hutan, pegunungan, sungai dengan trek lumpur dan pasir hingga finish di kawasan pantai.

Ajang petualang lintas alam BOB ini merupakan lanjutan dari Show Exhibition "Meratus Two Days Adventure 4x4 South Borneo 2016" yang diadakan beberapa bulan lalu. BOC pun menggandeng klub offroad lainnya, seperti Miring Dikit (MD) Tanah Laut.

Tujuannya tentu saja sebagai sarana promosi untuk menunjukkan potensi alam serta objek pariwisata yang ada di Kalsel. "Event BOB ini terinspirasi adanya objek wisata pantai yang dikenal dengan The Trip of Borneo yang dimiliki Malaysia Timur di Kudat Simpang Tanjung Mangayau Sabah yang berada paling ujung di kepala Pulau Kalimantan. Karena disana ada kepalanya, disini ada kakinya, makanya dinamakan bottom," beber Syarifuddin.

Para offroader berharap BOB akan menjadi objek wisata yang akan menjadi aset Pemkab Tanah Laut dan Pemprov Kalsel. Tak salah bila Gubernur Kalsel dan Bupati Tanah Laut akan hadir menjamu peserta saat seremoni penutupan. Sekaligus peletakan batu pertama monumen BOB yang akan menjadi objek wisata bertaraf internasional sehingga bisa mensejahterakan masyarakat setempat.

Peserta terdiri dari kendaraan roda dua dengan dirt bike dan roda empat dengan jip 4x4. Agar lebih jelas, langsung saja kontak panitia di ponsel 081348696956 untuk info dan konfirmasi keikutsertaan. (BangVe)

 

TERKINI
Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna;: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern