Salah Strategi Ban, Marquez Harus Rela Kehilangan 3 Poin

Selasa, 06/09/2016 14:33 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Marc Marquez dari Repsol Honda meninggalkan Sirkuit Silverstone, Inggris dengan terpaut hanya sisa 50 poin di depan pebalap utama Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Akibat kesalahannya yang harus dua kali keluar racing line, ia harus merelakan podium tiga Grand Prix Octo (GP Inggris) kepada pesaing terdekatnya tersebut.

Marquez masih beruntung karena dua kali keluar lintasan tepat di gravel aspal sehingga masih bisa terus melaju, bukan di gravel pasir yang bisa saja menghentikan "Baby Alien" dan tercecer di urutan belakang. Tetapi apa yang dipertontonkan Marc Marquez dan VR 46 di Grand Prix Octo menjadi sebuah hiburan tersendiri yang menjadikan gelaran MotoGP 2016 jauh lebih seru dan menarik untuk terus diikuti.

Agresif dan spektakuler, mungkin kata tersebut yang pantas dialamatkan kepada juara dunia MotoGP 2013 dan 2014 itu. Meski harus mengakui keunggulan seniornya, tetapi kegigihannya untuk meraih poin lebih patut diacungi jempol.

"Saya memang harus mengambil banyak risiko dalam race kali ini. Ditambah lagi kami juga menyadari sudah salah mengambil keputusan pemilihan ban. Sebelum race berlangsung, kami fikir menggunakan jenis ban depan soft adalah yang terbaik, tapi itu salah," sebut Marquez dilansir dari motogp.com (5/9) mengakui kesalahan strategi pemilihan ban yang dilakukan oleh timnya.

Marquez mengakui saat itu fokusnya adalah kepada Rossi yang merupakan pesaing utamanya dalam merebut gelar championship. "Saya coba untuk terus mengikutinya kemudian menyerang di akhir setelah melihat ban saya benar-benar cukup baik," tambah Marquez.

Tetapi justru motornya harus dua kali keluar lintasan, pertama saat pertarungannya dengan Rossi dan kedua saat mencoba melewati rider tuan rumah, Cal Curtchlow. "Saya benar-benar malu melakukan dua kesalahan di dua lap terakhir ini. Namun akhirnya saya cukup puas karena hanya kehilangan 3 poin saja," tutur Marquez mengakhiri. (Zie)

Klasemen MotoGP 2016

  1. Marc MARQUEZ      Honda     SPA    210
  2. Valentino ROSSI     Yamaha    ITA    160
  3. Jorge LORENZO     Yamaha    SPA   146
  4. Maverick VIÑALES Suzuki      SPA   125
  5. Dani PEDROSA        Honda     SPA    120
  6. Andrea IANNONE    Ducati      ITA      96
  7. Andrea DOVIZIOSO Ducati     ITA      89
  8. Cal CRUTCHLOW     Honda    GBR    86
  9. Pol ESPARGARO      Yamaha  SPA     81
  10. Hector BARBERA     Ducati    SPA      7

TERKINI
F1 2024 Miami: Max Verstappen Tetap Paten, Pesona Hamilton Masih Ada Meski Melawan Pembalap Papan Bawah Ofero Picassio, Modal RP 13 Jutaan Sudah Bisa Beli Motor Listrik Seperti Vespa 946 Dior Peugeot Resmi Undur Diri dari Indonesia, Stellantis Pastikan Layanan Purna Jual Tetap Tersedia Benelli Leoncino 250 Dibanderol Seharga Motor 155 Cc, Kenapa Bisa Murah, Ini Alasannya