Piston Forged UMA Racing Bikin Jupiter MX King Jadi Raja Seperti RX King

Sabtu, 10/09/2016 23:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Punya Yamaha Jupiter MX King sebenarnya dilema. Mengusung nama mirip ‘Si Raja Jalanan’ yang legendaris, RX-King, membuat bebek perkasa MX-King juga harus jadi raja. Makanya, doi perlu jantung yang kuat untuk berpacu cepat naik-turun, mengejar putaran mesin puncak.

Jantung yang kuat ini, kini tersedia dengan merk UMA Racing, produk negeri tegangga, Malaysia. Yoi, piston teknologi forged alias tempa yang lebih tahan tekanan tinggi dibanding piston konvensional alias piston cetak (cast piston). “Piston forged UMA Racing dibuat menggunakan teknologi untuk motor balap yang diaplikasikan ke moped,” jelas Rio Tan, Technical Support, PT. Enwan Multipartindo, pemegang merk UMA Racing di Indonesia.

Teknologi ini membuat dapur pacu MX King bisa mengaplikasi perbandingan kompresi tinggi. Sebagai perbandingan, kompresi standar MX King yang 10.4 : 1 bisa didongkrak hingga 12 : 1. Kompresi tinggi bisa memampat bahan bakar lebih padat, dengan buka-tutup klep lebih tinggi.

Kompresi tinggi berujung tenaga MX King lebih besar. Tapi, paling utama adalah mengail tenaga di top-speed. “Kekuatan piston forged UMA Racing bisa dipakai hingga rpm 13.000. Kalau pakai piston standar, paling 10.000. lebih dari itu, jika dipaksa, piston bisa pecah atau macet di silinder,” bilang Rio lagi.

Kelebihan lainnya, piston ini lebih ringan. Bobotnya hanya 90 gram. “Kelebihannya piston UMA Racing, pen pistonnya pun enteng. Karena kedua bagian pinggirnya lebih tipis dari tengah,” promosi Rio.

Piston MX King standar berdiameter 57 mm bisa dipakai juga untuk Yamaha R15 dan V-Ixion. Dengan banderol Rp 1.350.000,- Brader sudah dapat piston set, berikut ring, pin dan klipnya. “Pokoknya tinggal pasang, karena sudah pas dengan setang piston aslinya,” pasti Rio.

Tersedia dua pilihan untuk dua kebutuhan. Ada piston dengan 3 ring untuk durabilitas, dan piston dengan 2 ring untuk putaran lebih tinggi. “Yang 3 ring piston lebih tahan lama. Tapi, gesekannya lebih besar dari yang 2 ring,” tutup Rio. (Aries Susanto)

TERKINI
MotoGP 2024: Demi Kursi di Tim Pabrikan Ducati, Marc Marquez Rela Korbankan 5 Sponsor Setianya Perkuat Layanan, Chery Buka Diler Baru di Jalan Veteran Makassar Sulawesi Selatan Dukung Kemajuan SDM Siswa, Auto2000 Edukasi Pelajar SMK Tentang Mobil Listrik Semok, Layanan Servis Motor Keliling Melayani Lebih dari 1.000 Konsumen Motor Honda Selama Januari-April 2024.