Lingkar Vender Luas Jadi Keunggulan Datsun GO+ Dibandingkan Daihatsu Sigra

Sabtu, 17/09/2016 02:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Desain ekterior tepatnya di sektor lingkar ban tentunya telah diperhatikan dengan matang oleh R&D (Research & Development) masing-masing APM (Agen Pemegang Merek) mobil.

Bicara lingkar vender LCGC (Low Cost Green Car) yang sedang marak saat ini, Datsun GO+ Panca dan Daihatsu Sigra, dimensi lingkar ban menjadi salah satu bagian yang mungkin tidak secara umum dicermati oleh para pembelinya.

Kedua LCGC yang sedang bersaing ketat ini masih mengedepankan ban berukuran kecil mulai 13” hingga 14”. Pemilihan penggunaan ban berdiameter kecil ini tentunya sudah disesuaikan dengan kapasitas mesin dari masing-masing mobil.

Namun melakukan komparasi secara langsung seputar dimensi ban, lingkar vender yang lebih luas dari Datsun GO+ Panca, menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki dibandingkan Sigra maupun kembarannya Toyota Calya.

Dengan lingkar vender yang lebih luas, maka pemilik mobil bisa menjejali dengan lingkar ban yang lebih besar sehingga terhindar dari efek ‘gesrok’ (nyerempet) vender ketika beban mobil lebih berat dengan kondisi jalan berlubang ataupun bergelombang.

“Salah satu keunggulan Datsun GO+ Panca, vender lebih luas dan bisa dipasangkan ban hingga ring 19. Namun sebaiknya menambah porsi ring ban tidak lebih dari 2 level diatasnya. Semisal pelek ban 13” maksimal dianjurkan hanya menaikan hingga 15” demi alasan keamanan dan kenyamanan,” ujar Andre Mulyadi, modifikator handal pemilik Signal Group asal Bandung.

Hal ini sejalan apa yang dialami dengan mobilinanews yang kebetulan telah melakukan pengetesan Datsun GO+ Panca saat mudik lebaran lalu. Dengan komposisi 4 penumpang dewasa dan 2 balita plus barang bawaan yang memenuhi seat baris ketiga serta bagasi yang minimalis, dengan penggunaan ban ring 15”, tidak dirasakan mobil gesrok ketika melewati jalan yang bergelombang.

Satu catatan akhir yang mesti diingat, modifikasi ban dengan dimensi lebih besar baik di Datsun GO+ Panca maupun Daihatsu Sigra, tentunya memiliki konsekuensi performa yang sedikit berkurang. Karena penggunaan ban standar dimensi kecil memang sudah diperhitungkan untuk menopang tenaga mesin berkapsitas 1000cc dan 1200cc. Semoga bermanfaat!

TERKINI
Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta