3 Peringatan Awal Penyebab Mercedes-Benz W211 Berpotensi Rem Blong

Rabu, 21/09/2016 18:55 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Bagi anda penyuka mobil Eropa khususnya Mercedes-Benz W211 patut waspada dengan kemungkinan terjadinya rem blong jika terlihat 3 peringatan awal Breaking System mulai menyala.

Jika pemilik Mercy W211 keluaran 2002 – 2008 mendapati adanya alert pada indikator bertuliskan ‘Breaker Wear Visit Workshop’ anda patut waspada. Pasalnya peringatan ini menunjukan adanya gejala kerusakan di sektor Sensotronic Brake Control (SBC) yang dapat berpotensi membuat W211 sewaktu-waktu mengalami rem blong.

“Kalau sudah keluar peringatan awal dengan disertai tampilan warna putih, ini merupakan gejala awal adanya gangguan SBC. Biasanya dimulai dengan peringatan untuk melakukan penggantian kampas rem. Selanjutnya peringatan akan berubah berwarna kuning yang menandakan kondisi rem sudah memprihatinkan agar segera melakukan pengecekan. Nah kalo sudah berwarna merah, rem sudah tidak berfungsi sama sekali,” ujar Levi pemilik showroom mobkas Eropa di bilangan Kebayoran Baru.

Ditekankan olehnya, dari rentang indikasi peringatan berwarna kuning hingga menjadi merah, tidak dapat diprediksi rentang waktu serta jaraknya. Kemungkinan paling fatal adalah rem blong secara mendadak tanpa basa-basi.

“Bisa berabe jika sampai mendadak keluar alert warna merah, jika sedang kondisi ngebut kan bisa fatal akibatnya karena sistem pengereman tidak berfungsi,” ungkapnya kepada mobilinanews. Beruntung jika saat warna merah keluar saat mobil sedang tidak digunakan, namun resiko melakukan penggantian 1 set sistem pengereman W211, dapat mencapai biaya hingga Rp 40 juta.

Menurut pria penyuka modifikasi ini, jika sampai terjadi rem  blong mendadak diusahakan tidak panic dan dapat melakukan pengereman dengan melakukan engine brake. Namun yang paling ideal adalah segera melakukan pengecekan serta perawatan, karena 3 peringatan awal terkait SBC merupakan penanda, jika anda harus waspada karena berujung kepada keselamatan dalam berkendara.

Sebelum rem blong, segera ke bengkel bro!

TERKINI
NETA Auto Indonesia Kasih Testimoni First Impression NETA V-II di Acara NETA Customer Gathering 2024 Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE, Sebuah Ekosistem Fashion dan Teknologi OMODA untuk Kemajuan Dunia Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza