3 Cara Mudah Ketahui Kualitas Mobkas Mercedes-Benz Dan BMW

Kamis, 22/09/2016 19:22 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Bagi anda yang berencana membeli mobil bekas (mobkas) keluaran Eropa, khususnya Mercedes-Benz dan BMW ada baiknya dapat lebih jeli dalam memilih. Berhubung kedua brand ini telah mengusung teknologi canggih, maka dibutuhkan piranti khusus untuk mendeteksi kondisi mobil apakah masih dalam kondisi prima.

“Hunting mobkas Eropa tidak bisa hanya sebatas melihat luarnya saja, karena teknologi yang disematkan harus diukur ‘stamina’nya dengan alat bantu. Semua indicator agar dapat dipastikan menyala dan berfungsi baik, caranya ya dengan ‘mencolok’ ECU nya,” ujar Levi Perwiro pemilik gerai mobkas AERO99 di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Disampaikan ke mobilinanews, dalam mengeker (istilah hunting mobil) mobkas Mercedes-Benz dan BMW, setidaknya ada 4 cara mudah yang bisa dilakukan guna mengukur kualitas si mobil.

  1. Meminta pemilik mobkas untuk mencolok ECU (Electronic Control Unit). Langkah aman pertama membawa mobkas ke bengkel yang memiliki fasilitas deteksi ECU. Jika saja pemilik menolak, maka lebih baik jangan lanjutkan transaksi, karena pasti sang pemilik menyembunyikan sesuatu.
  2. Pastikan semua indicator menyala dan berfungsi. Jika didapati ada indicator yang tidak menyala, maka langkah selanjutnya melakukan pengecekan pada bagian sensor, siapa tahu sensornya yang bermasalah.
  3. Lakukan reset ECU, jika saat dilakukan reset masih ada indicator yang menyala, maka patut dilakukan pengecekan pada bagian sensor yang masih menyala. Umunya jika pernah melakukan penggantian part diluar OEM, maka sensor membaca informasi yang salah, atau sensor telah rusak karena beberapa penyebab.
  4. Perhatikan kilometer mobkas, jika didapati masih rendah dan tidak sesuai dengan tampilan fisik ataupun tahun produksinya, maka patut dicurigai pemilik telah mengakali kilometer mobkas.

“Langkah awal ya mengecek ECU, memang harus keluar ekstra biaya mulai Rp 150 ribu – Rp 200 ribuan. Tapi kan kita dapat mendeteksi secara dini dan dapat segera melakukan penggantian. Bila didapati kondisi masih full orisinil dan fungsi electrical dalam keadaan bagus langsung beli aja deh,” pungkasnya.

Sebagai referensi beberapa line-up mobkas keluaran Mercedes-Benz dan BMW yang masih berusia muda, bisa sambangi AERO99 di jalan Ciputat Raya Kebayoran Lama. Levi berani memberikan garansi hingga 1 bulan, atau dikembalikan full uang transaksi, jika didapati ada kerusakan fatal seminggu setelah pengambilan mobil. Tertarik? Konsultasi langsung saja dengan Levi di 0812-8774-3999.

TERKINI
Keuntungan Memiliki Wuling Cloud EV, Didukung Layanan Lifetime Core Component Warranty Luthfi AB, Crosser Cilik Berbakat Dari Amuntai Kalimantan Selatan Bamsoet Dukung Penyelenggaraan Jambore Nasional Mercedes-Benz Club Indonesia di Bali Brand GWM Resmikan Diler 3S Pertamanya di Indonesia