SUV buat Kaum Perempuan (2)

Rabu, 25/02/2015 06:30 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) - Pada kesempatan sebelumnya, mobilinanews telah membahas penilaian terhadap eksterior serta akses dan kenyamanan kabin Ford EcoSport - Baca SUV buat Kaum Perempuan (1). Kali ini penilaian pada kendaraan yang sama dilanjutkan pada tiga aspek, yaitu proteksi dan keamanan kabin, kemampuan mesin yang bertenaga dan hemat BBM, dan fitur yang berlimpah.

Proteksi dan Keamanan Kabin

Di ajang IIMS tahun 2014, FMI menampilkan sosok EcoSport yang sengaja dibelah bodinya. “Hal ini sengaja dilakukan, agar pengunjung dapat melihat level keamanan dan kenyaman yang ditawarkan oleh produk kendaraan Ford. Termasuk di antaranya pada aplikasi baja boron pada bagian konstruksi mobil yang sensitif pada potensi benturan depan, samping, bahkan termasuk bagian tulang atap,” terang Bagus Susanto. 

Aplikasi baja boron ini sendiri diklaim lebih ringan sekitar 15 persen dibanding baja yang digunakan pada konstruksi baja mobil sekelasnya, namun lebih aman hingga empat kali lipat.

Kemampuan Mesin & Efisiensi BBM

Mobil ini mengandalkan mesin 1,5-liter berteknologi twin independent variable camshaft timing (Ti-VCT), dengan pilihan transmisi enam percepatan otomatis atau lima percepatan manual.

Melalui teknologi Ti-VCT, mesin mampu memuntahkan tenaga maks. 108 hp / 6.300 rpm dan torsi puncak 142 Nm / 4.400 rpm. Tidak hanya akseleratif, mesin ini juga diklaim hemat BBM dan rendah emisi gas buang.

Untuk pilihan transmisi otomatis, konsumsi BBM disebut 15,4 km/liter. Sementara untuk transmisi manual 15,3 km/liter. Sementara emisi gas buang hanya 154 gram/km.

Transmisi otomatis PowerShift dual dry clutch membuat proses perpindahan gigi menyerupai sistem kerja transmisi manual, sehingga memudahkan proses perpindahan gigi khususnya di jalur menanjak. Dengan spesifikasi itu tidak mengherankan jika nama  “EcoSport” yang diberikan, karena berhasil memadukan karakter sporty (tangguh) dan eco (ekonomis).
  
Fitur-Fitur dan Fungsi

Dari kehandalan, kenyamanan, fitur hiburan, ruang penyimpanan, teknologi pendukung, kekedapan kabin, kelegaan ruang, hingga ruang penyimpanan berlimpah, All-New Ford EcoSport juga sangat fleksibel buat pengemudi perempuan, atau pemilik SUV yang ingin “turun kelas” ke dimensi lebih kecil, tanpa harus mengorbankan seluruh poin di atas.

Selain deretan fitur berlimpah di atas, All-New Ford EcoSport telah dilengkapi dengan rain sensing wiper, Automatic Climate Control yang mampu menurunkan suhu 65 derajat di dalam kabin (setelah dijemur di bawah terik matahari) menjadi di bawah 30 derajat hanya dalam 10 menit.

Ada pula fitur Electric power-assisted steering (EPAS) yang berfungsi mengatur kendali kemudi secara komputerisasi sesuai kecepatan. Tujuannya untuk mengedepankan kenyamanan dan keselamatan mengemudi.

Masih soal keamanan, mobil ini telah dilengkapi fitur Hill Launch Assist yang berfungsi menghentikan laju kendaraan selama tiga di detik di tanjakan ataupun turunan, sehingga kaki pengemudi masih memiliki waktu cukup untuk dapat pindah dari pedal rem ke pedal gas.

Ford EcoSport juga telah dilengkapi rear parking sensor pada bagian samping kanan belakang, belakang kanan, belakang kiri, serta samping kiri belakang, sehingga meningkatkan rasa aman pada saat memundurkan kendaraan.

Buat gadget’s freak, All-New Ford Ecosport juga menyediakan soket untuk mengisi daya perangkat smartphone.

Jika Anda penasaran untuk membuktikan penilaian kami, ada baiknya segera mengunjungi dealer Ford terdekat untuk test drive dan menguji semua pemaparan di atas.

TERKINI
Spesifikasi Harley Davidson Heritage Classic 144 Terbaru 2024 Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Pernyataan Resmi Chery Indonesia, 420 Unit OMODA 5 Alami Masalah! Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang