SUV buat Kaum Perempuan (3)

Rabu, 25/02/2015 14:36 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) - Kali ini mobilinanews membahas pemain pertama di segmen light SUV modern, Daihatsu Terios. Pilihan dijatuhkan pada tipe tertinggi TX AT Adventure yang dilengkapi dual airbag seharga Rp 238,3 juta on the road Jakarta (harga sewaktu-waktu dapat berubah). Tujuannya agar lebih maksimal memenuhi keinginan kaum perempuan modern.  

PT Astra Daihatsu Motor sebagai pihak APM terakhir kali melakukan penyegaran pada Terios pada 29 Agustus 2013. Berikut penilaian kami:  

daihatsu%20terios6.jpg" border="2" alt=" " hspace="2" vspace="2" width="770" height="436" align="middle" />

Penilaian Eksterior

Perubahan mencolok ada pada bagian depan melalui desain bumper depan yang lebih kokoh, denga bumper model dua warna (2-tone). Juga telah dilengkapi dengan headlamp model proyektor yang sporty dan pencahayaan maksimal.

Pada bodi samping, aplikasi spion beraksen chrome dilengkapi dengan lampu sinyal, serta dapat dilipat elektrik dari kabin. Ada enam pilihan warna yang tersedia, yakni hitam, merah, silver, abu – abu, putih dan emas.

Penilaian Interior

Kenyamanan yang ditawarkan pada interior di antaranya terlihat pada aplikasi aksen chrome pada desain dashboard, headunit layar sentuh di bagian tengah dashboard yang juga berfungsi sebagai sistem navigasi dan rear view parking camera, serta tuas model putar untuk peninggi dudukan kursi pengemudi. Fitur terakhir disebut tadi tentu memiliki arti penting bagi kaum perempuan.

Proteksi Keselamatan dan Efisiensi BBM

Selain proteksi Dual SRS airbag bagi dua penumpang di baris depan, keberadaan fitur Anti-lock braking system membantu pengemudi menghindari roda mengunci pada saat terjadi pengereman mendadak (panic braking). Sehingga pengemudi masih dapat menghindari obyek benturan.

Selain itu, keberadaan kompressor AC yang lebih kecil membuat konsumsi BBM lebih irit. Pihak ADM menyebut kombinasi electric power steering dan kompresor AC yang lebih kecil membuat konsumsi BBM New Daihatsu Terios lebih irit 6 %.

Performa

Daihatsu Terios merupakan pilihan cukup bijak bagi penggemar pemula atau pengemudi perempuan di segmen SUV. Selain bodinya yang compact, posisi jarak terendah bodi ke tanah sejauh 20 cm, pas buat menghadapi medan jalanan berlubang dan genangan air di saat hujan.  

daihatsu%20terios7.jpg" border="2" alt=" " hspace="2" vspace="2" width="770" height="436" />

Penantang

Di segmen light/compact SUV, Daihatsu Terios mulai kebanjiran penantang, yaitu Toyota Rush, Nissan Juke, Ford EcoSport dan pendatang baru Honda HR-V.

Catatan mobilinanews

Kami agak terganggu dengan efek limbung (body roll) saat mobil melaju di atas kecepatan 90 km/jam. Selain itu posisi pilar “A” memiliki efek blind spot untuk memantau posisi kendaraan dari arah berlawanan, saat mengemudi di jalan tikungan.  

TERKINI
Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 Round 2 Berlangsung Sukses, Anondo Eko : Persiapan Lebih Maksimal Pelumas Lupromax Diakui Maksimalkan Performa Mesin di Lintasan Balap Drag Race Harley-Davidson Unveils 2024 Street Glide dan Road Glide: Moge dengan Teknologi Terkini dan Desain Revolusioner American Dreamin` The Dawn of A New Era: Harley-Davidson MY24 Mengukir Sejarah Baru di Jalanan Indonesia