Sapaan Akrab Para Biker Sejati

Kamis, 05/03/2015 10:40 WIB

mobilinanews.com, (Jakarta) – Tata bahasa tentunya sudah diatur dalam kamus bahasa yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), namun seringkali ungkapan kata yang baku tidak berlaku bagi anak tongkrongan, khususnya para bikers.

Bikers memiliki banyak kata sapaan yang dapat mengakrabkan bagi sesamanya. Berawal dari kata “Brother” yang dalam kamus bahasa inggris berarti saudara. Awalnya sapaan akrab “Bro” singkatan dari kata brother sering terdengar di berbagai film action hollywood.

istilah

Kemudian sapaan ini diadopsi oleh anak muda, terlebih bikers. Ketika sesama bikers menyapa bro, dirasakan tidak lagi ada jeda pembeda batasan umur, semua berlaku sama.

Dalam perkembangannya istilah bro, berkembang menjadi “bor” istilah ini juga berarti sama, saudara. Bor, menjadi kata yang umum digunakan khususnya bagi para “kongkowers” yang sering ngoprek. Istilah ini kerap terucap di bengkel-bengkel. selain itu ada juga istilah "Cuy" yang juga berarti sama.

Selain itu, ada juga istilah kata “Om”. Umumnya, penggunaan panggilan om, bermakna lebih santun. Om, menjadi sapaan yang kerap juga terdengar di tongkrongan komunitas. Mengingat perbedaan umur yang tidak menjadi batasan para biker, kata “om” memiliki kesan menghormati.

“Komunikasi bisa disampaikan dalam berbagai cara. Bisa menggunakan faedah kata yang baku, ataupun menggunakan kata atau kalimat yang sudah sama-sama dipahami artinya. Di pergaulan, sah-sah saja jika menggunakan idiom (perumpamaan),” ujar M. Saefulloh, Dosen Komunikasi dari Universitas Moestopo Beragama kepada mobilinanews. (Baca juga: Istilah yang biasa digunakan komunitas mobil dam motor (Bagian 2))

Keyword : komunitas-motor

TERKINI
Semok, Layanan Servis Motor Keliling Melayani Lebih dari 1.000 Konsumen Motor Honda Selama Januari-April 2024. Wuling EV Jadi Official Car Partner Dalam 10th World Water Forum 2024 di Bali Human Error Masih Jadi Penyebab Utama Kecelakaan Sepeda Motor di Indonesia, Suzuki Beri Tips Praktis Rem Motor untuk Hindari Bahaya Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern