Modifikasi Calya-Sigra Hindari Kesan `Murah` (Interior)

Kamis, 06/10/2016 16:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Tak ada yang bisa membantah kalau mobil LCGC kembar terbaru dari Toyota dan Daihatsu, Caly-Sigra menjadi mobil yang paling populer dibicarakan akhir-akhir ini. Harga paling murah di kelasnya, bisa muat 7 penumpang (nyamannya tetap 4-5 orang) menjadi daya tarik utama.

Nah, saking lakunya, sekarang kedua mobil ini sudah banyak ditemukan wara-wiri di jalanan Ibukota. Bahkan komunitasnya pun sudah terbentuk dengan anggota yang cukup lumayan banyak.

Lalu muncul ide-ide bagaimana membuat Calya-Sigra makin menarik dan tampil beda dengan yang banyakan lewat modifikasi. mobilinanews pun mencoba mencari info modifikasi ringan dan tepat untuk dua mobil ini agar tidak terlihat murah dan menarik untuk dilihat.

Satu sumber yang cukup menarik menjelaskan soal modifikasi Calya-Sigra adalah Yayan Abdhi dari carusermagz.com. Lewat blog-nya, salah satu penggemar otomotif ini coba membeberkan ide modifikasi secara lengkap dan menyeluruh yang bisa menjadi inspirasi pemilik Calya-Sigra.

Modifikasi Interior

Dalam tulisannya, Yayan menjelaskan bahwa modifikasi interior Calya-Sigra bisa dimulai dari sisi interior yang meliputi perubahan kursi baris depan, pasang jok kulit, ganti head unit dan pasang kamera parkir.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Ganti Kursi dan Head Rest

"Kursi standar Calya-Sigra sebenarnya sudah oke, hanya saja head rest-nya sangat tidak adjustable dan kurang ergonomis. Sehingga untuk pemilik yang berpostur tinggi dan besar (170 cm ke atas) sangat tidak nyaman," tulisnya.  

Untuk itu disarankan mengganti dengan adjustable head rest atau kalau punya budget sedikit besar, ganti total sekalian kursi baris pertama dengan kursi milik Nissan March, Mitsubishi Mirage atau KIA Picanto.

2. Pasang Jok Kulit

Setelah mengganti kursi baris depan, sebaiknya pemilik Calya-Sigra membungkusnya dengan bahan kulit atau sintetis. Pemilihan warnanya pilih yang warna gelap agar tetap terlihat elegan.

"Saat membungkus, cover jok bawaan aslinya dilepas. Cover jok yang di dobel akan terlihat kurang bagus bahkan semakin menjadikan mobil Calya-Sigra makin kelihatan murahan."

 

 

3. Ganti Head Unit

Hal lain yang menurutnya harus mendapat perhatian adalah sektor entertainment. "Demi menciptakan kesan elegan di dalam interior, head unit bawaan juga sebaiknya dicopot dan ganti dengan head unit touchscreen." Walau menurutnya langkah ini memang bukanlah mudah karena jelas butuh biaya yang tidak sedikit. Tetapi cukup worth it menjaga kenyamanan selama berkendara sambil mendengarkan musik-musik pilihan.

Tidak perlu menambahkan perangkat audio yang wah kalau peruntukannya untuk sehari-hari, karena kualitas audio sudah cukup mumpuni. Atau kalau mau sekarang sudah ada produk audio after market yang menyediakan paket audio khusus untuk Calya-Sigra. Itu juga boleh jadi pilihan.

4. Pasang Kamera Parkir

Ini hal terakhir yang perlu dilakukan di bagian interior. Setelah head unit terpasang, sayang jika tidak melengkapinya dengan kamera parkir sekalian. Dengan adanya kamera parkir pada bagian belakang mobil, selain aman dan memudahkan proses parkir, ini membuat LCGC Anda makin terasa seperti mobil mewah.

"Cukup dengan perubahan di 4 titik tersebut saja, sudah mampu membuat Calya-Sigra Anda berbeda dengan yang lain dan pastinya akan kelihatan keren," tutup Yayan Abdhi.

Lalu bagaimana untuk sektor eksterior? Tunggu tips dan trik modifikasi Calya-Sigra selanjutnya. Modifkasi Calya-Sigra Hindari Kesan `Murah` (Eksterior) (Zie/carusermagz.com)

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok