Modifkasi Calya-Sigra Hindari Kesan `Murah` (Eksterior)

Jum'at, 07/10/2016 02:00 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Setelah beres bicara modifikasi atau rubahan di sektor interior Calya-Sigra, sekarang mobilinanews mengajak para pemilik LCGC segmen baru ini untuk mengulik modifikasi di sisi luar atau eksteriornya.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah karena ini eksterior, maka sedikit perubahan saja akan jadi perhatian orang, apalagi sesama pemilik Calya-Sigra. Jadi usahakan agar bijak dalam perubahan disini.

Menurut Yayan Abdhi dalam tulisannya di toyota-calya-daihatsu-sigra.html">carusermagz.com, bagian-bagian yang bisa dirubah pada bagian luar Calya-Sigra ada beberapa. Mulai dari Emblem, Velg , Projector Head Lamp, LED DRL, Handle Pintu, Lis Chrome, Antena, dan Rear Bumper Protector.

1. Emblem/Logo

Sebelumnya sudah pernah diangkat bagaimana komunitas Calya dan Sigra memposting toyota-calya-dan-sigra/">cara mengganti emblem/logo Calya-Sigra. Khususnya untuk Toyota Calya. Banyak yang melihat kalau logo Garuda yang tersemat di mobil LCGC merek Toyota ini kelihatan sedikit kurang sedap.

Dalam tulisan Yayan di carusermagz.com, mengganti logo juga menjadi salah satu trik agar Calya-Sigra bisa terlihat elegan. Tentunya bisa diganti dengan logo asli Toyota, Daihatsu, Lexus atau Harrier sekalipun.

2. Pakai Velg Ukuran Besar

Disebutkan bahwa masih ada space cukup luas untuk menambah diameter velg dan ban pada Calya-Sigra. Ini nampak dari jarak spakbor dan ban yang ukurannya 14". Velg motif multispoke two-tone dengan 1 atau 2 inchi lebih lebar dibanding yang standar bakal bikin tongkrongan Calya-Sigra jadi lebih keren. Tapi ingat, tentu untuk hal ini juga butuh budget sedikit besar loh....

3. Pasang Projector Headlamp dan DRL

Mengganti headlamp dengan lampu projector juga bisa menjadi opsi agar tampilan LCGC terlihat mewah. "Banyak pilihan yang sesuai dengan anggaran untuk ganti headlamp dengan projector," tulis Yayan.

Akan tambah ciamik ketika menggabungkan projector dengan LED DayTime Running Light (DRL). Tapi disebutkan oleh Yayan Abdhi sebaiknya LED DRL ini dipasang di dalam lampu utama, tidak sekadar nempel di body mobil.

"Kalau mau minta bengkel modifikasi untuk membuat LED seperti  di mobil UFC-3. Atau dipasang di sekitar fog lamp sebagai alternatif."

4. Ganti Handle Pintu

Kadang bagian ini tidak disadari oleh pemilik mobil bisa menjadi spot yang juga menambah tingkat kegantengan mobil, utamanya di LCGC seperti Calya-Sigra. Standarnya, handle pintu akan berwarna senada dengan body mobil. Ini terlihat kurang keren dan monoton. Sebaiknya ganti dengan yang berwarna chrome.

5. Pasang Lis Chrome

Varian Calya dan Sigra ada beberapa tipe, mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi. Nah, untuk yang tipe tertinggi pada Sigra sudah terpasang lis chrome di sepanjang kaca samping, sementara untuk tipe lainnya belum ada. Untuk pemilik mobil Sigra tipe terendah ini, bagusnya kalau menambahkan lis chrome tersebut agar nampak dari luar seperti Sigra tipe paling atas atau paling mahal.

6. Pasang Rear Bumper

Spot terakhir yang juga bakal membuat Calya-Sigra Anda akan tampil beda adalah saat mengaplikasikan bumper protector di bagian buritan. "Fungsinya selain mempercantik tampilan, juga sebagai pelindung saat harus kontak dengan benda-benda keras," jelas Yayan mengakhiri.

Bila modifikasi ringan seperti ini Anda aplikasikan, bukan tidak mungkin Calya-Sigra Anda akan menjadi bahan pembicaraan serta menjadi acuan pemilik LCGC lainnya untuk melakukan dress up.

Tapi ingat, `dandan` sewajarnya saja, jangan sampai karena racun modifikasi, saldo rekening tersisa nol rupiah. Selamat mencoba....(Zie/carusermagz)

TERKINI
Wuling Resmi Buka Pemesanan Cloud EV di PEVS 2024, Harga Pre-book Rp410 Juta FIF Terima Fasilitas Pinjaman Berkelanjutan Senilai 60 Juta Dolar GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition PT BYD Motor Indonesia Tanda Tangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan PT Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD