Bikers Sinergikan Semangat Safety Riding dan Gerakan Anti Narkoba

Senin, 10/10/2016 16:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Maraknya peredaran narkoba di Indonesia membawa keprihatinan kepada banyak pihak. Apalagi kin peredarannya sudah mengincar anak-anak di tingkat sekolah. Tentu ini menjadi hal yang harus mendapat perhatian bersama.  

Zonabikers Community tidak tinggal diam. Menggelar diskusi bertema “#GEBIAR – Gerakan Bikers Anti Narkoba” mengajak ratusan bikers berbagai komunitas di bawah payung Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) untuk peduli.

Acara dihelat di Kedai Halaman, Cipete, Jakarta Selatan, Sabtu 8 Oktober 2016.

“Gerakan Bikers Anti Narkoba (GEBIAR) yang kami angkat dalam DIBSREK membahas lebih jauh tentang penyalahgunaan narkoba, sekaligus bagaimana mengantisipasi agar kita, keluarga kita serta teman-teman kita bisa jauh dari narkoba,” buka Jayadi, selaku penggagas acara diskusi, Minggu (9/10).

Menurutnya, bikers sangat aktif mengkampanyekan gerakan keselamatan berkendara atau kampanye safety riding. Bahkan safety riding sudah menjadi hal wajib di setiap kegiatan para komunitas bikers. Hal ini perlu ditiru dan disinergikan dengan Gerakan Bikers Anti Narkoba.

Sementara Muhammad Sulaiman Joenoes, Ketua Yayasan Sahabat Rekan Sebaya dan Komunitas Cukup Gw sebagai salah satu pembicara, mengatakan stress jadi salah satu pemicu seseorang melakukan penyalahgunaan narkoba. Stress, rasa kurang nyaman, mencari kesenangan sendiri, jika tidak dilampiaskan pada tempat dan kondisi yang tepat berpeluang menjerumuskan seseorang untuk menggunakan narkoba.

“Mengelola sumber stres pada diri kita merupakan salah satu cara jauhi narkoba, stress memicu kita untuk menggunakan narkoba. Salah satu cara mengurangi stress adalah merilekskan otak dengan memicu munculnya hormon rasa nyaman,” jelas Joenoes.

Olah pernapasan, tersenyum dan gabung di komunitas-komunitas positif mampu menghindarkan seseorang dari jeratan narkoba. "Senyum, dibelai, ditepuk pundak sambil diberi pujian serta bergerak dan bernyanyi adalah cara mengeluarkan hormon rasa nyaman. Tidak ada kata sembuh bagi pengguna narkoba, yang ada hanya pulih. Jadi hindari penyalah gunaan narkoba,” pungkas Joenoes.

“Terima kasih buat Zonabikers yang mengadakan acara seperti ini. Ke depannya kita berharap acara seperti ini sering diadakan dengan tema lain yang menambah wawasan para bikers,” ucap Buyung Rianto, Ketua AHJ. (Zie)

TERKINI
Hyundai dan Grab Salurkan Alat Batu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas Wuling Ajak Komunitas Rasakan Sensasi dan Kenyamanan Berkendara Cloud EV Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024