Knalpot Proliner Ninja 150R dan RR : Berbahan dan Teknologi Motor GP 2-Tak

Kamis, 13/10/2016 08:58 WIB

mobilinanews (Tangerang) – Kawasaki boleh aja stop produksi Ninja 150 2-Tak. Tapi, maniak motor berasap ini, khususnya yang demen performa tarikannya, masih dimanja PT. Enwan Multi Partindo (EMP). Pemegang merk Proliner itu merilis knalpot tipe terbaru Ninja 150 R dan RR, Proliner TS. Ini knalpot yang pakai bahan dan teknologi di motor GP250 2-Tak di era 90-an.

Dijelaskan Rio Tan, knalpot ini memang sengaja mengaplikasi teknologi tertinggi di jagad balap dunia. “Knalpot Proliner TS memang hasil bedah teknologi dan bahan di GP250. Ini mungkin puncak knalpot racing Ninja 150 R dan RR di Indonesia,” ujar Manajer technical support PT. EMP ini.

Sedikit diulas di sini, deh. Bahan yang dimaksud adalah pelat anti-karat, stainless steel berkode 304. Ini bahan terbaik untuk knalpot di dunia. Apalagi, rata-rata knalpot di Indonesia hanya mengaplikasi stainless steel 201.

Nggak usah bicara ketebalannya di sini. Ini spek GP250. “Stainless steel 304 suhunya sangat stabil. Dia sangat cepat melepas panas, meski digeber terus. Jadi tidak akan ada kehilangan power karena over-heat. Dijamin power mesin rata di setiap rpm, saat baru jalan atau setelah lama digeber,” yakin Rio.

Keunggulan lain yang juga hasil alih teknologi dari motor GP 2-tak adalah sarangan di dalam silencer. Lubang-lubangnya beda dari saringan biasanya yang serperti ram, berlubang bulat kecil-kecil. “Proliner TS bentuknya oval besar. Ini juga seperti knalpot motor GP dua tak. Ujicoba kita, hasilnya power lebih baik dan suaranya pun bulat,” tutur Rio lagi.

Lebih jauh, Rio menjelaskan kelebihan lain di dalam silencer Proliner TS. Yaitu, serabut peredam berwarna abu-abu di dalam silencernya. Ini dari bahan steam wool yang lebih tahan panas. Jadi nggak mudah terbakar, dibanding glasswool berwarna putih yang biasa dipakai knalpot lain.

Mau tau khasiat lengkapnya? Penasaran harga dan belinya di mana? Monggo baca di : Proliner TS, Knalpot Racing Use Only Buat Ninja 150 R dan RR : Kencang di Road Race, Drag dan Harian. (Aries Susanto)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok