F1 Amerika : Strategi Ban Lunak Mercedes Kalahkah Super-soft Red Bull, Hamilton Pimpin Start

Minggu, 23/10/2016 10:07 WIB

mobilinanews (Austin) – Mercedes rupanya lebih mementingkan perang melawan Red Bull ketimbang mengamankan salah satu pembalapnya. Demi memblok duet Red Bull di sesi kualifikasi F1 Amerika, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg dipersilakan pakai ban kompon lunak. Ban yang sebenarnya lebih lambat, tapi lebih tahan lama ketimbang super-soft yang dipasangkan pada RB12 geberan Daniel Ricciardo.

Pada seri ke-18 F1 2016 ini, Mercedes memang sepertinya tidak ingin mengganggu persaingan dua pembalap mereka menuju takhta juara dunia 2016. Toh Max Verstapen tidak akan mampu mengejar poin Rosberg atau Hamilton hingga akhir musim. Tapi, persaingan Mercedes dengan Red Bull di klasemen konstruktor yang lebih jadi perhatian.

Keunggulan Hamilton saat perebutan posisi start benar-benar karena dirinya bertarung lebih santai. Ia sudah siap menerima kalah dari Rosberg. Sehingga, “Ketika aku melambat dan mendengar suara riuh di tribun, aku tau penonton memberi semangat. Dan ini yang melegakan. Aku akan berlomba dengan lebih santai, besok,” jujur pembalap Inggris itu.

Rosberg pun sepertinya bisa menerima dirinya harus start di grid kedua. Karena pembalap Jerman itu lebih percaya punya peluang menyalip sekondannya saat balapan. “Selalu menyenangkan memulai lomba dari pole. Tapi, banyak yang bisa terjadi sepanjang balapan. Waktuku dengan Lewis tidak banyak beda. Tapi, aku harus menjaga Max dan Daniel di lomba nanti,” tutur Rosberg.

Benar, Rosberg harus lebih khawatir pada duet Red Bull itu. Karena, jika mereka sampai menyelip antara dirinya dengan Hamilton, selisih poin akan terpangkas lebih banyak. Apalagi Red Bull sepertinya memasang Ricciardo untuk memblok jalan duet Mercedes, lalu melepas Verstapen.

Itu karena Ricciardo akan memulai lomba dengan ban super soft, sementara Hamilton, Rosberg dan Verstapen pakai ban soft. “Aku tidak masalah pakai ban yang beda. Malah aku senang dengan perbedaan strategi ini. Aku tau ban ini akan lebih cepat habis. Makanya aku akan berupaya ke depan di  lap-lap awal dan cepat masuk pit,” komentar Ricciardo. (Aries Susanto)

Berikut urutan lengkap grid di sirkuit Austin, F1 Amerika :

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi