Jelang GP Malaysia : Dovi Pole, Rossi Kedua, Lorenzo ketiga - Crutchlow Ngalah Demi Strategi Honda

Sabtu, 29/10/2016 15:31 WIB

mobilinanews (Sepang - Malaysia) – Keunikan terjadi pada sesi kualifikasi MotoGP. Honda memainkan kartu truf mereka di seri XVII GP Malaysia. Di kondisi Marc Marquez sedang tidak fit dan trek sepang  basah, HRC perintahkan taktik pada Cal Crutchlow. Demi Marquez dan Repsol Honda?

Babak kualifikasi yang digelar sabtu (29/10) siang, menghasilkan Andrea Dovizioso (Ducati Team) mencetak waktu tercepat. Ia akan menempati pole saat start, minggu (30/10) besok. Melengkapi baris terdepan Valentino Rossi akan mengisi grid kedua. Diikuti Jorge Lorenzo di posisi ketiga.

Sesi QTT sendiri berjalan dengan kondisi trek basah. Padahal, 2 sesi latihan bebas (Free Practice) sebelumnya, cuaca berganti-ganti. Mulai dari adem di FP1, diikuti panas terik di FP2. Ini membuat semua rider tidak tau gimana kondisi ideal Sepang, yaitu saat panas tapi tidak terlalu terik, yang biasa terjadi pada balap tahun-tahun sebelumnya.

Rupanya Honda sangat paham ini. Mereka butuh data saat sirkuit dalam kondisi cuaca sempurna. Untuk itu, mereka memaksa Cal Crutchlow melakjukan strategi aneh. Cruchlow disuruh tetap pakai ban slick ketika cuaca mendekati adem di sesi kualifikasi pertama.

“Jelas kami amat kecewa, start di luar 10 besar, sementara tau bisa di 3 besar. Kami tidak mengganti ban. Jadi aku tidak bisa tambah kencang, karena langit tidak jadi cerah, dan trek tidak cukup kering. Tapi, kami telah setuju, lakukan ini demi Honda,” aku Crutchlow.

Strategi Honda ini dimanfaatkan oleh Dovizioso. Joki bernomor 04 itu langsung geber di babak kedua QTT (Q2). Ketika lintasan basah, Dovi gaspol dan cetak best-lap di putaran keduanya. Catatan waktu Dovi tidak tersusul sampai 15 menit sesi berjalan. “Kami melihat kesempatan ketika lintasan basah. Dan aku tidak ingin menunggu tanpa pasti lintasan mongering atau makin basah,” buka Dovi soal taktiknya.

Rossi sebenarnya nyaris mencetak pole ke-5-nya di Sepang. Tapi, ia sempat nyaris tergelincir di tikungan pertama. Untung masih bisa mencetak waktu terbaik di putaran terakhirnya. “Hasil ini bagus. Tapi, mengingat cuaca yang tidak ideal, aku justru khawatir kondisi besok. Aku harap cerah sekaligus, atau kembali basah seperti ini,” tutur Rossi.

Di lain pihak, Lorenzo sepertinya hanya punya satu tujuan di GP Malaysia kali ini. Ia ingin ada di depan Rossi. Dan sepertinya Spaniard ini mulai bisa mengalahkan rasa takutnya berlaga di lintasan basah.  “Semua sudah aku coba. Dan ini hasil terbaik yang bisa dicapai. Semoga tidak ada masalah saat balap besok,” pungkas Lorenzo.

Para pembalap unggulan, menempati grid yang unik.  Marquez akan start dari grid keempat, disusul Crutchlow dan Andrea Iannone. Baris ketiga diisi 2 Suzuki Ecstar. Pol Espargaro start di depan Maverick Vinales yang besok akan berada di grid ke-8.

Rupanya, Cruchlow benar-benar tunjukkan kesetiaannya pada Honda. Padahal, hari ini adalah ulang tahunnya. Semoga HRC membalas dengan kado menarik di balapan. Atau Dovizioso yang akan lengkapi 9 joki yang juara musim ini? Tunggu besok, deh! (Aries Susanto)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap