Irit-Iritan Mengemudi New Honda Brio, Bisa Tembus 29 Km/Liter

Minggu, 30/10/2016 17:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Puluhan jurnalis dari beragam media nasional ramai-ramai membuktikan kalau pakai New Honda Brio irit dalam gelaran New Honda Brio Drive 2 Excitement, Sabtu (29/10).

Mengambil start dari kantor PT Honda Prospect Motor (HPM) di kawasan Sunter, 25 unit New Honda Brio RS dan New Honda Brio Satya meluncur menempuh rute sepanjang 56 km menuju Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan, lokasi finish sekaligus tempat berlangsungnya acara Honda Day 2016.

Tak kurang dari 50 orang jurnalis ditantang untuk melampaui catatan konsumsi BBM 21,9 km/liter yang sudah dicatat tim uji irit New Honda Brio. Dan hasilnya juga ternyata sangat menakjubkan. Hampir rata-rata peserta berhasil melebihi catatan 21,9 km/liter. Bahkan ada yang berhasil mencapai angka 28,9 km/liter. Artinya kurang sedikit lagi capai angka 29 km/liter.

mobilinanews menjadi salah satu peserta di mobil bernomor lambung 16 berpasangan dengan rekan media lainnya, sukses meraih catatan konsumsi BBM 26,3 km/liter dengan jarak tempuh 55,2 km. "Kuncinya pertahankan ritme kecepatan, pertahankan lampu indicator ECO tetap menyala dan usahakan jangan banyak stop and go dengan hindari kemacetan, kalau bisa!," sebut Yogi, partner mobilinanews setelah sukses menembus tantangan irit New Honda Brio Drive 2 Excitement.  

Kenapa New Honda Brio bisa seirit itu? Jonfis Fandy selaku Marketing & After Sales Service Director HPM menjelaskan. "Keunggulan irit New Honda Brio RS dan New Honda Brio Satya dicapai berkat mesin i-VTEC Honda yang powerful namun efisien, serta teknologi CVT yang lebih ringkas dan canggih.”

Lebih jauh lagi penjelasannya soal CVT atau Continously Variable Transmission merupakan sebuah sistem transmisi otomatis yang dikontrol secara elektronik dengan drive pulley dan driven pulley serta steel belt. Sesuai namanya, sistem ini tidak beroperasi menggunakan rasio gear, melainkan bekerja dari kecepatan rendah ke kecepatan maksimum dengan sangat responsif dan tak terputus.

Hasilnya, akselerasi konstan sesuai dengan kecepatan mesin tanpa gejala shift shock sehingga efisien dalam konsumsi bahan bakar. Inilah keunggulan CVT yang sangat berbeda dengan sistem transmisi otomatis konvensional.

"Apalagi saat ini struktur teknologi transmisi CVT di New Honda Brio sudah disempurnakan dengan pengurangan bobot sebanyak 10%, jadi makin enteng dan irit," pungkas Jonfis.

Wow, pantes irit banget..... (Zie)

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing