Teknologi Eco Smart Tire FDR: Bikin Motor Irit, Tambah Akselerasi dan Dua Keuntungan Penting Lain

Rabu, 09/11/2016 22:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Efisiensi penggunaan bahan bakar cuma sebagian kecil dari efek penerapan teknologi Eco Smart Tire (EST) pada ban FDR. Sebab, justru ada 3 keuntungan yang lebih besar dalam pemakaian sehari-hari dari penerapan teknologi milik PT. Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) itu

 Sedikit menengok ke belakang soal awal terciptanya teknologi EST yang diterapkan pada ban FDR tipe Facio. Menurut Jimmy Handoyo, riset teknologi EST diawali dari kondisi bahan bakar minyak (BMBM) yang kian tipis stoknya.

“Teknologi EST sebagai counter dari perkembangan bbm. EST, mendukung penghematan bahan bakar,” urai Jimmy yang juga manajer Technical Support & Development, PT. SRI.

Hasilnya, FDR Facio EST maksimal mengirit pemakaian bahan bakar hingga 7,1%. “Angka 7,1% adalah nilai terbesar pengiritan bahan bakar yang bisa diraih dari faktor ban. Dan itu hanya bisa tercipta dengan teknologi khusus FDR,” jelas Jimmy sambil menyebut paten EST masih berlaku 10 tahun ke depan. Jadi belum ada yang  boleh menirunya.

So, karena masih dalam lindungan paten, kita tidak bisa ulas seperti apa teknologi EST. Lagipula, tak ada gunanya, kita tau. Toh, kalaupun tau, kita tidak akan bisa bikin ban sendiri. Ya, tho? Ya, tho? Good…!

Nah, seperti disebut di awal, yang penting buat kita adalah manfaat teknologi EST untuk pemakaian sehari-hari. Pertama, Jimmy menyebut, teknologi EST membuat akselerasi motor terasa bertambah. Kok bisa?

fdrfacioest02.jpg" style="border-style:solid; border-width:1px; float:left; height:301px; margin:2px; width:390px" />

Begini…! Menurut Jimmy, EST pakai teknologi bahan yang canggih. Sehingga hasilkan ban yang amat minim koefisien hambatan geseknya. “Minimnya koefisien hambatan gesek ban EST membuat motor makin meluncur saat berakselerasi. Hasilnya, Tarikan motor seperti baru diservis rutin,” tunjuknya.

Dan tentunya, “Ini keuntungan kedua, otomatis kecepatan motor pun bertambah. Karena dorongan awal makin besar, dan saat berputar hambatan ban juga kecil,” bilang Jimmy lagi.

Pertanyaannya, jika daya gesek berkurang, apa gigitan ban EST ke aspal juga berkurangl? Sekali lagi Jimmy, menyebut di sinilah kelebihan EST. “Teknologi dan bahan ban EST dirancang sehingga traksi ban terhadap jalan tetap bagus. Terbukti, jarak pengereman Facio EST 2% lebih dekat dari ban reguler,” jamin pria berkantor di Menara Permai, Kawasan Industri, Cileungsi, Jawa Barat itu.

Terakhir, hasil uji FDR, usia pakai Facio EST setara ban reguler. Dengan banyak manfaat dirasakan dalam pemakaian sehari-hari, meski harganya Rp 20.000 – 25.000 lebih mahal dari ban reguler, FDR Facio EST jadi lebih murah dari ban reguler! (Aries Susanto)

TERKINI
April 2024, Chery OMODA E5 Terjual 506 Unit di Indonesia! Tips Membeli Mobil dengan Sistem Kredit, Pertimbangkan Aspek-Aspek Ini Harga Toyota Calya Bekas Kini di Bawah Rp100 Juta, Rekomendasi Mobil Murah dan Muat Banyak Apakah Air Radiator Berperan Penting pada Mobil? Simak Penjelasan Ini Agar Bradsis Tidak Rungkad