Jelang GP Valencia : Debut RC16, KTM Mau Lewati Aprilia, Mika Kallio Niat di Depan Ducati dan Honda

Kamis, 10/11/2016 23:15 WIB

mobilinanews (Valencia-Spanyol) - Seri terakhir MotoGP 2016 bukan lagi milik Honda, Yamaha, Ducati atau Suzuki. Saat balapan seri ke-18 di sirkuit Valencia-Spanyol, minggu (13/11) nanti, mari pasang mata pada motor debutan, KTM RC16. Pasalnya, meski ini debut mereka, KTM sudah punya target tinggi di balapan pertamanya di Kelas Para Raja.

Secara pabrikan, KTM akan langsung incar Aprilia! Target ini terkesan kecil. Tapi, toh dianggap setara oleh direktur teknis KTM, Sebastian Risse. Karena menurut Risse, debut RC16 yang akan& ditunggangi Mika Kallio ini sebenarnya adalah tes balap. Bukan balapan sesungguhnya.

Meski menganggap GP Valencia sebagai balapan seri nol, atau tes sesungguhnya. Risse mematok Kallio harus di depan duo Aprilia, Stefan Bradl dan Alvaro Bautista. ”Kami ingin buktikan bahwa kami ada di arah yang benar. Dan, kami harus menguji arah kami dengan patokan yang jelas juga,” bukanya.

Tapi, Kallio yang sempat 32 kali turun di MotoGP bersama Ducati pada 2002-2003, punya target pribadi yang beda.”Aku akan fokus dengan target pribadiku. Start dari grid ke-15. Aku terbiasa balap dalam tekanan. Dan aku tidak akan membuat KTM start paling belakang,” tegas Kallio.

Kalau tidak ingin start paling belakang di Valencia, berarti target Kallio juga jelas. Ia ingin mengalahkan pembalap Ducati dan Honda. Jangan panik dulu. Tentu yang dimaksud bukan di depan duo Andrea tim Ducati MotoGP dan Marc Marquez. Tapi cukup di depan pembalap tim satelit Ducati Avintia atau Honda Marc VDS. Sebab, joki dua tim ini biasanya menghuni grid paling belakang saat start.

Sayangnya, di Valencia nanti, RC16 tunggangan Kallio belum motor yang akan diadu musim depan. Ini hanya hasil perbaikan dari motor yang telah diuji di sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Di debutnya nanti, Risse juga mengaku, KTM tidak akan segan mencontek apa yang sudah dilakukan oleh Honda, Yamaha, Ducati dan Suzuki. Selama buat kebaikan, bolehlah mencontek! (Aries Susanto)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag