Jelang MotoGP Valencia 2016 : Best-Lap QTT KTM RC16 Mika Kallio Kalahkan Honda Dan Ducati

Sabtu, 12/11/2016 23:42 WIB

mobilinanews (Valencia - Spanyol) - Sepertinya Mika Kallio dan tim KTM bakal makin pede meraih target tinggi mereka di MotoGP musim 2017 nanti. Sebab, angan-angan menjabani tim satelit Honda dan Ducati sudah tercapai saat kualifkasi seri XVIII di Valencia. Catatan waktu terbaik Mika Kallio saat QTT mengalahkan dua pembalap yang menggunakan Ducati dan Honda.

Mika Kallio memang cukup terkejut dengan pencapaiannya di balapan pertamanya bersama KTM. Karena, pemakai RC16 bernomor 36 itu sukses mencapai target tidak start paling buncit. Ia berhasil mencetak waktu terbaik ke-20 dari 22 peserta MotoGP. Catatannya yang 1 menit 32,091 detik. Lebih kencang dari joki tim satelit Honda Estrella Galacia, Tito Rabat (1;32,181). Paling lambat adalah joki tim satelit Ducati Aspar, Yoni Hernandez dengan catatan 1 menit 32,240 detik.

Toh Kallio lebih peduli dengan gap antara dirinya dengan Jorge Lorenzo. Yaitu sekitar 1,5 detik! Meski ini sudah lebih tipis ketimbang gap 1,9 detik saat ikut kualifikasi di GP Austria, toh Kallio agak was-was. Karena RC16 yang digunakannya sudah dimodifikasi abis-abisan sejak ikut QTT di GP Australia.

Kallio dan tim harus realistis. Hasilnya tidak sesuai harapan mereka. “Ini kejutan besar buat kami. Karena kami pikir, kami bisa lebih dekat dengan para pembalap papan atas,” jujur Kallio.

Lebih jauh, test-rider KTM itu menyatakan permasalah RC16 adalah pada grip roda belakangnya. Juga powernya untuk berakselerasi masih kurang. “Tidak ada grip sama sekali. Meskipun kami mencoba beragam seting,” ungkap Kallio.

Artinya, duet Bradley Smith dan Pol Espargaro bakal kerja keras musim 2017 nanti. Tapi, minimal, di Valencia besok, bisa finish 15 besar, ya! (Aries Susanto)

Berikut grid posisi MotoGP Valencia :

TERKINI
3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya IMI Pusat Menyurati Ketua IMI Nusa Tenggara Barat Terkait Pembatalan MXGP 2024 di Sumbawa dan Lombok, Ini Alasannya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta