mobilinanews

Duo Aston Martin Bertampang Keren Ini Jadi Mobil Keselamatan di F1

Selasa, 09/03/2021 00:30 WIB
Duo Aston Martin Bertampang Keren Ini Jadi Mobil Keselamatan di F1
Tampilan Aston Martin Vantage dan DBX yang jadi mobil keselamatan dan medis di ajang Formula 1 tahun 2021

mobilinanews (Jakarta) - Aston Martin Vantage dan DBX diumumkan sebagai mobil keselamatan dan medis resmi Formula 1 untuk musim 2021.

Produsen mobil Inggris baru-baru ini mengumumkan Vantage akan berfungsi sebagai mobil pengaman F1, sedangkan SUV pertamanya DBX akan menjadi mobil medis.

Kedua kendaraan telah dimodifikasi untuk perannya masing-masing dan menggunakan Racing Green, warna yang sama digunakan untuk mobil Tim Formula Satu Aston Martin Cognizant, dengan aksen Green Lime, melansir Paultan, Senin (8/3/2021)

Kehadiran mobil Inggris di ajang sekelas F1 ini, mengakhiri dominasi kendaraan Mercedes-Benz telah digunakan sebagai mobil keselamatan dan medis untuk Kejuaraan Dunia Formula 1 FIA sejak tahun 1996, sehingga ini menjadi catatan bersejarah bagi Aston Martin.

Untuk Aston Martin Vantage, dibekali M177 4.0 liter twin-turbo V8 yang bersumber dari AMG telah disetel untuk menghasilkan 535 PS dan torsi 685 Nm. Lebih besar 25 PS dari stok standar. Coupe tersebut mampu mempertahankan kecepatan tertentu di trek. Ini penting karena suhu ban pada mobil F1 bisa turun saat melaju dengan kecepatan kurang optimal.

Sedangkan untuk DBX, tidak banyak berubah secara mekanis, dengan unit mesin M177 yang menghasilkan 550 PS dan 700 Nm untuk memastikan setiap keadaan darurat dapat ditanggapi dan diluncurkan dengan dengan segera.

SUV ini membawa tas medis besar, defibrilator, dua alat pemadam api, dan kit pembakaran, dengan kursi bucket sport interior, masing-masing dilengkapi dengan tali pengaman enam titik.

Seperti halnya safety car, DBX juga mendapat dua layar monitor yang dipasang di dasbor untuk memberikan rekaman balapan langsung, ditambah layar tambahan untuk membaca data biometrik yang dikirimkan melalui teknologi di sarung tangan pengemudi.

Jadi jika terjadi kecelakaan, mereka langsung mendapat informasi penting tentang kondisi pembalap.

Kedua mobil ini juga, dilengkapi dengan "Sistem Marshalling" dan kamera tampak belakang, yang memungkinkan pembalap dapat melihat bendera warna mana yang sedang ditampilkan di trek, dengan penerangan dari lampu LED berwarna sama.

Mobil keselamatan dan medis Aston Martin akan tampil pertama kali pada tes pramusim tiga hari di Bahrain akhir pekan ini, dan kemudian melajutkan tugasnya di tempat yang sama dua minggu kemudian untuk putaran pembukaan musim 2021.(Elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo