mobilinanews

Oneprix dan Indoprix Berstatus Kejurnas, H. Putra Rizky : Saya Siap Dukung Indoprix!

Sabtu, 19/06/2021 18:15 WIB
Oneprix dan Indoprix Berstatus Kejurnas, H. Putra Rizky : Saya Siap Dukung Indoprix!
Eddy Saputra (kiri) bersama Bamsoet saat mengunjungi sebuah pabrik ban di Jawa Barat beberapa waktu lalu. (Foto : IG Eddy S)

mobilinananews (Jakarta) - IMI Pusat telah merilis kalender event versi revisi Kejurnas balap motor 2021. Tercatat ada 4 event yakni Motoprix Piala Presiden, Oneprix, Indoprix dan Indonesia Motor Sport (IMS).

Nah, yang menarik, ada dua event dengan segmen peserta dan motor yang sama digelar tahun ini dengan 2 penyelenggara berbeda : Oneprix dan Indoprix.

Dalam rilis yang disampaikan Eddy Saputra selaku Plt Waketum Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat kepada mobilinanews, bahwa dua event tersebut telah ditetapkan IMI Pusat dan akan dijalankan tahun ini.

Yang bikin penasaran tentu bagaimana kronologinya hingga kemudian muncul kembali event Indoprix yang lahir dan dikreatori oleh legenda balap motor Indonesia alm. Bambang Gunardi?

"Terus terang, munculnya kembali event balap motor legendaris Indoprix ini dari sebuah keinginan untuk memajukan balap motor kelas Underbone (motor bebek) yang secara populasi terbesar dan untuk menggeliatkan industri otomotif Tanah Air yang lesu event balap di saat pandemi ini," ungkap Eddy Saputra.

Kabarnya, Indoprix ini juga dimunculkan sebagai back up ketika penyelenggara Oneprix dinilai kurang responsif saat dikonfirmasi untuk kepastian penyelenggaraan event musim ini.

"Saat itu, Ketum langsung (Ketum IMI Pusat Bamsoet) yang menghubungi pihak Indosiar dan langsung mengiyakan untuk penayangan langsung 3 putaran Indoprix tahun ini," terang Pak Haji, sapaan akrab Eddy Saputra.

Kemudian disusunlah kalender balap motor IMI dan diatur sedemikian rupa sehingga tidak bentrok jadwalnya dengan Oneprix. Para pembalap dan tim juga memiliki waktu untuk mengatur dan menyiapkan diri.

Lalu bagaimana dengan status event Indoprix?

"Ya akhirnya diputuskan, Oneprix Kejurnas, Indoprix juga Kejurnas," lanjut Pak Haji. 

Lalu bagaimana dengan peserta? Ya akhirnya diserahkan pilihan itu kepada para pembalap dan tim, akan mengikuti Oneprix saja, ikut Oneprix dan Indoprix, atau malah hanya ikutan di Indoprix saja.

Rudy Hadinata, manajer ART (Astra Motor Racing Team) Yogyakarta menyebutkan bahwa pihaknya tengah mencermati adanya Kejurnas Indoprix yang juga akan ditayangkan langsung stasiun televisi nasional itu.

"Kami belum pada posisi memutuskan sekarang. Karena plan dan budgeting sudah ditentukan di awal musim. Sementara, untuk Indoprix baru disounding sebulan lalu," ungkap Rudy Batman, sapaan akrabnya.

Di sisi lain, Haji Putra Rizky selaku pemilik H Putra 969 Racing Team mengaku siap mendukung balap Indoprix.

“Saya akan mendukung event ini (Indoprix) karena memang berangkat dari keinginan teman-teman di IMI untuk menggairahkan balap motor yang sangat baik," ucap Haji Putra Rizky seperti dikutip dari www.beritabalap.com kemarin.

“Banyak hal yang memang saya suka menyangkut regulasi yang dibuat transparan dan memihak industri nasional. Ada pemberdayaan ekonomi di sini,“ tambah Haji Putra Rizky yang merekrut Rafid Topan Sucipto dan Fitriansyah Kete dengan nilai kontrak Rp 3 miliar dan Rp 2,4 miliar ke H Putra 969 RT untuk durasi masing-masing 2 tahun.

Bagaimana tanggapan dari pihak Oneprix? "Tugas kami menyukseskan Kejurnas Balap Motor Oneprix 2021 seperti yang kami rencanakan sejak awal. Untuk rencana tahun depan, nanti coba kita lihat lagi," ujar Mago Sarwono selaku Project Officer Oneprix. (wan)

 

  

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo