mobilinanews

Mercedes-Benz Transformasi Odeonsplatz Munich Dengan Pengalaman Seni Lebih Hidup

Jum'at, 20/08/2021 02:45 WIB
Mercedes-Benz Transformasi Odeonsplatz Munich Dengan Pengalaman Seni Lebih Hidup
Janet Echelman

mobilinanews (Munich) - Dalam kesempatan pameran otomotif internasional IAA MOBILITY 2021, Mercedes-Benz melakukan transformasi pada Odeonsplatz Munich, Jerman, menjadi tempat seni yang hidup dengan instalasi seni pahat yang mengapung di udara yang dibuat dari serat benang daur ulang.

Karya seni monumental "Earthtime 1.26 Munich"  berukuran 24X21 meter buatan seniman AS Janet Echelman ini dapat terus berubah-ubah dari segi bentuk dan warnanya karena faktor cuaca, sehingga karya ini melambangkan dinamika ekosistem yang terjadi saat ini.

Pesan yang berkelanjutan ini sesuai ide utama dari konsep IAA baru dan sikap kewirausahaan Mercedes-Benz.

Seni pahat warna-warni ini mengawali penampilan Mercedes-Benz di IAA MOBILITY, yang diadakan di Munich untuk pertama kalinya.

Selama pameran berlangsung, dari 7 hingga 12 September 2021, seni pahat tersebut akan melayang di langit di atas area pameran mobil mewah di Odeonsplatz yang sepenuhnya akan didedikasikan untuk solusi berkelanjutan mobilitas di masa depan.

Mercedes-Benz, Janet Echelman, Departemen Kebudayaan Munich dan Museum Seni Urban dan Kontemporer Munich (MUCA) bersama-sama membuka instalasi seni ini pada 12 Agustus 2021. Karya seni ini akan dipajang hingga awal Oktober.

“Dengan berpartisipasi di IAA, kami ingin memberikan kontribusi budaya yang berkelanjutan ke kota Munich yang dapat bermanfaat bagi seluruh penduduk, pengunjung, serta tamu yang menghadiri IAA dan, pada saat yang bersamaan, membangun image Mercedes-Benz yang memiliki pandangan kedepan dengan mobilitas yang berkelanjutan,” ujar Katrin Adt, Vice President Mercedes-Benz Cars & Vans Own Retail Europe.

“Instalasi seni ini mewujudkan semangat dan memberikan ruang untuk bertemu dan berinteraksi. Selain itu, karya seni ini melambangkan perubahan yang saat ini sedang terjadi di alam dan serupa dengan proses transformasi di industri otomotif. Mercedes-Benz saat ini sedang menuju mobilitas yang netral CO2. Sebagai brand otomotif kontemporer yang berkomitmen pada keberlanjutan, kami ingin berkontribusi terhadap kualitas hidup yang berkelanjutan," lanjutnya.

“Kota seperti Munich, yang terkenal di dunia dengan museum dan koleksinya, juga membutuhkan seni kontemporer yang sangat terkini. Oleh karena itu, dibutuhkan berbagai energi dari banyak orang kreatif, seniman, serta euforia dari serangkaian kegiatan seni yang dapat memicu diskusi tentang bagaimana kita ingin hidup bersama-sama,” tegas Dr. Michael Ott, Head of the Section for the Promotion of Arts and Culture, Department of Arts and Culture, Kota Munich.

“Kami mendukung berbagai proyek yang berbeda, terutama bidang seni di ruang publik yang dapat berinteraksi dengan lingkungan perkotaan. Gagasan dibalik hal ini adalah para seniman dari berbagai jenis ilmu dapat menggunakan area publik sebagai medium untuk melakukan eksperimen dan desain, serta memungkinkan bertumbuhnya perspektif lainnya di dalam kota. Oleh karena itu, kami sangat bangga bahwa hasil karya Janet Echelman dapat dilihat saat pameran IAA di Munich," terang Dr Michael Ott.

“Seni publik bukan hanya meningkatkan estetika, tetapi juga penghidupan seni modern. Dengan berada di lokasi publik, sebuah aspek karya akan terjalin dengan masyarakat,” ungkap Stephanie Utz, Co-Founder Museum of Urban dan Contemporary Art (MUCA). (wan)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo