mobilinanews

Bamsoet Lepas Peserta Sumatra Tribute for Camel Trophy 2022 dan Resmikan Prasasti di Jambi

Minggu, 06/02/2022 17:18 WIB
Bamsoet Lepas Peserta Sumatra Tribute for Camel Trophy 2022 dan Resmikan Prasasti di Jambi
Ketum IMI Pusat dan Ketua MPR-RI Bamsoet melepas peserta Sumatra Tribute for Camel Trophy dari Jambi ke Berastagi tempuh jarak sekitar 1600 km

mobilinanews (Jambi) - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo melepas peserta wisata petualangan Sumatra Tribute serta meresmikan prasasti Sumatra Tribute for Camel Trophy, yang diselenggarakan Land Rover Club Indonesia (LRCI) di Jambi, Minggu (6/2/2022).

Prasasti Sumatra Tribute for Camel Trophy tersebut kemudian diserahkan kepada Pemerintah Daerah Muaro Bungo, Jambi, untuk dijadikan monumen kesejarahan, yang akan selalu mengingatkan pada event otomotif legendaris yang pernah diselenggarakan 42 tahun yang lalu di tanah Sumatra, Camel Trophy 1981.

Sekaligus menjadi pengingat akan potensi dan sumber daya yang dimiliki untuk dioptimalkan pemanfaatannya. Serta menjadi penyemangat  bersama melangkah maju ke depan.

"Bagi pecinta olahraga off-road, sudah tidak asing lagi dengan Camel Trophy, event otomotif bergengsi yang berorientasi pada petualangan dan eksplorasi alam yang penuh tantangan. Dalam sejarah penyelenggaraan Camel Trophy sejak 1980, kita boleh berbangga bahwa Indonesia menjadi satu-satunya negara yang sudah 4x menyelenggarakan Camel Trophy, yaitu 1981 di Sumatra, 1985 dan 1996 di Kalimantan, dan 1988 di Sulawesi," ujar Bamsoet saat meresmikan prasasti Sumatra Tribute for Camel Trophy sekaligus melepas peserta wisata petualangan Sumatra Tribute, di Jambi, Minggu (6/2/2022).

Turut hadir Gubernur Jambi M. Haris, Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno, Kapolda Jambi Irjen Pol Ahmad Wibowo, Wakapolda Jambi Brigjen Pol Yudawan Roswinarso, Pembina Land Rover Indonesia sekaligus Badan Pembina IMI Pusat Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna, Pembina Land Rover Jambi Irjen Pol (Purn) Bambang Suparsono, Hubungan Antar Lembaga IMI Pusat Erwin MP, serta Komunikasi dan Media IMI Pusat Dwi Nugroho.

Bamsoet menjelaskan, keberhasilan Indonesia menyelenggarakan 4 x Camel Trophy tersebut menandakan komunitas otomotif global mengakui Indonesia negara yang kaya akan potensi dan sumberdaya untuk diexplore lebih dalam. Khususnya untuk penyelenggaraan event otomotif kelas dunia.

"Rute napak tilas yang akan dilalui 40 peserta wisata petualangan Sumatra Tribute pada hari ini akan melalui Jambi hingga Berastagi sejauh kurang lebih 1.600 kilometer dan melintasi 4 provinsi di Sumatra. Tidak saja menghamparkan medan yang menantang, melainkan juga menawarkan pengalaman eksotis melewati berbagai destinasi wisata alam yang mendunia, seperti kaldera danau Toba," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum FKPPI dan Kepala Badan Bela Negara FKPPI sekaligus Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menerangkan, kegiatan napak tilas yang dilaksanakan dalam rangka memperingati penyelenggaraan Camel Trophy tahun 1981 di Sumatra ini, tidak hanya bermakna historis.

Tetapi juga menjadi manifestasi nyata dari konsep sport automotive tourism, di mana para peserta berperan sebagai duta-duta wisata yang akan membuka jendela wahana wisata tanah air kepada dunia.

Delegasi LRCI juga membawa misi sosial dan misi budaya dalam perjalanannya dari Jambi menuju Berastagi.

Antara lain melalui kegiatan Peduli Pendidikan dengan memberikan bantuan paket perlengkapan sekolah untuk anak-anak di berbagai desa yang dilalui, dan kegiatan bakti sosial 'Jernang for Life' dengan membagikan bibit pohon Jernang kepada masyarakat Suku Anak Dalam.

"Selain membantu kehidupan masyarakat Suku Anak Dalam, karena getah Jernang mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi, kegiatan ini juga menjadi wujud kepedulian terhadap pelestarian lingkungan. Mengingat ketersediaan pohon Jernang di alam semakin berkurang dari tahun ke tahun, sehingga perlu dilakukan upaya pembudidayaan," pungkas Bamsoet. (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo