mobilinanews

Terima Ketua IMI Papua Abisai Rollo, Bamsoet : Saya Dukung Sirkuit Balap International di Tanah Papua

Selasa, 31/05/2022 11:48 WIB
Terima Ketua IMI Papua Abisai Rollo, Bamsoet : Saya Dukung Sirkuit Balap International di Tanah Papua
Bamsoet menerima pengurus IMI Papua 2022-2026 di bawah pimpinan Abisai Rollo, tekad membangun sirkuit international

mobilinanews (Jakarta) - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo mendukung langkah Ketua IMI Papua terpilih periode 2022-2026, Abisai Rollo, yang ingin membangun sirkuit balap internasional di Papua.

Sebagai lanjutan dari kesuksesan Papua menjadi tuan rumah PON XX pada Oktober 2021 lalu. Sekaligus melengkapi keberadaan Sirkuit Fregeeb Waninggap yang berada di Kabupaten Merauke.

"Kondisi geografi di Papua sangat layak untuk dibuat sirkuit motocross maupun karting. Dengan memiliki sirkuit motocross level dunia, Papua tahun depan akan kita dorong menjadi tuan rumah kejuaraan motocross dunia, FIM Motocross World Championship MXGP of Indonesia 2023," ujar Bamsoet saat menerima Ketua IMI terpilih Abisai Rollo, di Jakarta, Selasa (31/5/2022).

"Sedangkan untuk sirkuit karting, nantinya bisa digunakan menyelenggarakan FIM MiniGP Indonesia Series 2023 hingga Kejuaraan Balap Motor Bebek Memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia. Maupun berbagai kejuaraan lainnya di kelas drag bike 201 meter, supermoto, hingga gokart," lanjut Bamsoet.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, dengan menghadirkan lebih banyak sirkuit, konsistensi pembalap asal Papua juga akan semakin terasah.

Terlebih pada PON XX Oktober 2021 lalu, Papua mendominasi perolehan medali di cabang olahraga balap motor dengan memenangkan 3 medali emas dari hasil Kelas Beregu Modifikasi 150 cc, Kelas Beregu Standar 150Cc, dan Kelas Perorangan Standar 150 Cc. Sementara di cabang olahraga motocross, Papua berhasil mendapatkan dua emas dari hasil Kelas MX 125 Cc Beregu (13-17 tahun) dan MX 2500Cc Beregu (>17 tahun).

"Bagi Abisai Rollo, menyiapkan lahan sirkuit tidaklah sulit. Selain memang hobby pada dunia otomotif dan pernah melaksanakan beberapa gelaran balap, Abisai Rollo yang merupakan Ketua DPRD Kota Jayapura ini juga seorang pemuka adat yang memiliki banyak lahan strategis di kawasan Koya Tengah, Distrik Muara Tami, hingga Kota Jayapura. Bahkan beliau sempat menawarkan pembangunan istana kepresidenan di atas lahannya kepada Presiden Jokowi," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, keberadaan sirkuit juga bisa dijadikan sebagai daya tarik wisata Papua, sport automotive tourism, yang bisa menarik lebih banyak wisatawan datang ke Papua. Terlebih penerbangan langsung Jakarta - Papua juga sudah banyak, sehingga tidak ada kendala konektifitas.

"Keberadaan sirkuit juga bisa memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat Papua, selain dari sektor olahraga juga dari sektor industri dan lain sebagainya. Melalui sirkuit balap, kita berharap kesejahteraan masyarakat Papua bisa meningkat, sekaligus juga melahirkan lebih banyak lagi talenta balap asal Papua. Melengkapi positioning Papua yang telah terkenal melahirkan banyak atlet sepakbola," pungkas Bamsoet. (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo