mobilinanews

Tiffiany Barlean, Temukan Keasyikan Sebagai Navigator Bintang Barlean di Speed Offroad dan Sprint Rally

Selasa, 19/07/2022 00:03 WIB
Tiffiany Barlean, Temukan Keasyikan Sebagai Navigator Bintang Barlean di Speed Offroad dan Sprint Rally
Tffiany Barlean dan Bintang Barlean, duet andal kakak-beradik di ajang Speed Offroad dan Sprint Rally Nasional. (foto : kolase)

mobilinanews (Serang) - Panggil saja Fia, pasti dia akan menoleh. Tapi untuk bisa ketemu Christina Tiffiany Barlean (23 tahun) tidak akan mudah. Pertama, karena dia tinggal di Batam, Kepulauan Riau.

Namun cara kedua barangkali akan lebih mudah jika kalian adalah penggemar motorsport mobil. Karena Fia seorang navigator di ajang Speed Offroad dan Sprint Rally. Jadi, jika pengin sekadar kenalan, datang saja ke 2 event tersebut, pasti akan ketemu Fia.  

Seperti pada event Banteng Gazpoll Kejurnas Speed Offroad 2022 putaran 1 di sirkuit Tembong Jaya Serang, Banten, Sabtu-Minggu (16-17/7/2022) kemarin.

Fia ternyata navigator dari Bintang "Bocah Ajaib" Barlean (17 tahun) yang menjadi juara G1.2 (Can Am) dengan total waktu yang dicetak pada 4 SS (Special Stage) 18:31.642 menit, merupakan tercepat dari total 50 peserta.

Kembali ke laptop. Bagaimana ceritanya Fia menjadi navigator Bintang?

"Awalnya, karena sering menemani Bintang ikutan speed offroad atau sprint rally. Kok, kayaknya seru ya. Kemudian saya ngomong saya papah, boleh nggak menemani Bintang sebagai navigator, yang langsung diokein. Ya udah go ahead deh," tutur Fia kepada mobilinanews.

Namun jauh sebelum itu, Fia kecil sudah sering ngikut Frans Barlean (sang ayah) yang seorang offroader senior ke ajang offroad. "Saya malah sering ngikut trabasan (pakai motor) bareng ayah dan juga Bintang," ungkap Fia. 

Awalnya, Fia yang alumni Taylor University Malaysia itu terbersit keinginan menjadi driver atau offroader. Namun keinginan itu terpaksa dipendam dulu, karena Fia pindah kerja dari Jakarta ke Batam.

"Ngebantuin perusahaan papa. Perusahaan ekspedisi, saya sebagai marketing. Jadi waktunya agak susah kalau harus fokus sebagai driver. Kalau jadi co-driver kan tidak seberat driver kan, om," terang Fia merupakan anak ketiga dari 5 bersaudara. Sedangkan Bintang adalah anak bungsu.

Meski cewek, Fia mengaku tidak ada takut sama sekali mendampingi Bintang di ajang Sprint Rally dan Speed Offroad. "Enggak takut. Meski pernah nabrak pembatas, terguling hingga mobil terbakar. Biasa aja, udah menikmati sih," bebernya.

Menurut Fia, menjadi navigator Bintang menjadi menyenangkan karena balap bersama adik sendiri, bisa belajar cara dia menyetir, sekaligus "menjaga" adik bungsu kesayangan keluarga itu secara langsung di ajang balap.

"Keinginan untuk bisa balap belum sepenuhnya terkubur. Nanti sambil menunggu momentum yang tepat. Sekarang lagi menikmati keseruan menjadi navigator. Puji Tuhan, pada 3 event yang kami ikuti yakni Sprint Rally Piala Raja Jogja, Stage Park Kejurda Sprint Rally Jabar di Sentul dan Kejurnas Speed Offroad di Serang kemarin berhasil menjadi juara 1," pungkas Fia. (bs) 

  

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo