mobilinanews

Jelang Pameran Otomotif GIIAS 2022: Gaikindo Mulai Edukasi dan Berbagi Soal Elektrifikasi

Senin, 01/08/2022 17:05 WIB
Jelang Pameran Otomotif GIIAS 2022: Gaikindo Mulai Edukasi dan Berbagi Soal Elektrifikasi
Gaikindo Talk, berbagi dan edukasi soal perkembangan elektrifikasi di Indonesia

mobilinanews (Jakarta) – GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 akan berlangsung 11-21 Agustus di ICE – BSD City, Kab. Tangerang. Rangkaian acara pre-event sudah digulirkan. Salah satunya adalah GIIAS Educare dan GIIAS Talk.

Acara ini layaknya sebuah persiapan menuju pameran yang menarik fokus ke elektrifikasi. GIIAS Educare dan GIIAS Talk bertema “New Era of Electric Vehicles Experience” sedikit banyak bicara soal bagaimana mempersiapkan elektrifikasi di Tanah Air

Sekretaris Umum GAIKINDO, Kukuh Kumara menyampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar terhadap kendaraan listrik, baik kendaraan penumpang, komersial dan juga roda dua.

“Kita memiliki pemikiran serta kekhawatiran yang sama mengenai keberlanjutan perubahan tenaga, dalam hal ini bahan bakar. Maka dari itu kita mencari sumber tenaga baru yang bisa digunakan untuk kita semua. Dan yang tengah ramai dibicarakan adalah mengenai Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB),” ujarnya.

Kukuh juga menambahkan bahwa populasi pasar otomotif cukup tinggi, yang apabila menggunakan energi listrik, maka tentu akan banyak penghematan penggunaan energi fosil. GAIKINDO akan tetap berupaya untuk membantu pemerintah dalam hal peningkatan elektrifikasi pada kendaraan,

“Kendaraan listrik potensinya luar biasa, Indonesia punya sumber daya yang terus dikembangkan dan dimanfaatkan untuk menghasilkan sumber tenaga listrik,” tuturnya.

Salah satu narasumber GIIAS Talk, Aries Aditya Putra dari channel Electric Mobility (ELMO) mengatakan bahwa kendaraan listrik memiliki banyak keuntungan, mulai dari konsumsi energi yang lebih murah, pajak kendaraan, bebas emisi serta program ganjil genap dan juga perawatan pada kendaraan listrik yang lebih murah.

“Bisa dibayangkan pada mobil listrik yang harganya 800 jutaan, pajak tahunannya hanya sekitar 1,1 jutaan karena masih mendapatkan insentif dari pemerintah. Begitu juga dengan motor listrik, pajaknya hanya sekitar Rp50.000 dalam satu tahun,” terangnya

Hal serupa juga diungkapkan oleh Managing Director Ilectra Motor Group, Rainier Haryanto. Menurutnya, penggunaan motor listrik dapat menghemat Rp400 – Rp500 ribu per bulannya jika dibandingkan dengan menggunakan motor ICE (Internal Combustion Engine).

Ilectra Motor Group sebagai pemegang merek Alva, dan ,menjadi pemain baru di industri otomotif, menyatakan berkomitmen untuk mulai mencoba memasyarakatkan kendaraan listrik di Indonesia dengan inovasi dan produknya,

“Kami ingin berkontribusi dalam upaya penurunan emisi gas buang di Indonesia. Oleh sebab itu, pada tahap pertama ini fokus kami adalah dengan memasarkan kendaraan listrik roda dua,” ungkap Rainier.

“Dibentuknya Ilectra Motor Group berfokus untuk menjaga solusi mobilitas dengan produk pertamanya adalah di kendaraan roda dua. Nanti di GIIAS dapat dilihat kendaraan motor listrik yang lebih mirip seperti maxi scooter dengan torsi mendekati 44,5 Nm atau setara dengan motor berkapasitas 150 cc,” jelas Rainier.

Sebelumnya, GIIAS 2022 juga telah melangsungkan GIIAS Educare pada 23 Juli 2022 lalu. Ada juga program kegiatan sosial yang untuk generasi penerus Indonesia.

Selain itu, bersama Astra Financial selaku sponsor platinum GIIAS 2022, GIIAS bekerja sama dengan Dompet Dhuafa memberikan bantuan renovasi dan pendampingan sekolah. Harapannya program tersebut dapat mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang lebih baik dan nyaman untuk para siswa MI Nurul Falah Gaok, Pasarkemis, Kab. Tangerang.

GIIAS 2022 akan berupaya menjadi wadah informasi dan edukasi tentang kendaraan bermotor berbasis listrik baik dari kendaraan penumpang, komersial, dan juga kendaraan roda dua.

Total 25 merek kendaraan penumpang dan komersial yang diantaranya akan membawa kendaraan listrik mereka, yaitu Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

Selain kendaraan roda empat tersebut, ada lebih dari 100 merek dari industri pendukung juga hadir di GIIAS 2022, dari industri karoseri hadir; Adiputro, Laksana, Tentrem.

Merek-merek ternama roda dua juga berpartisipasi dengan beberapa juga membawa motor listrik pada GIIAS tahun ini; Alva, AHM, Benelli, CF Moto, Exotic Bike, Gelis, Keeway, Minerva, Pacific Bike, Segway, Selis, SM Motor, SYM, Wmoto.(elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo