mobilinanews

Dani Sarwono (Ketua Komisi Safety IMI) : Sentul Sirkuit Masih Layak dan Aman untuk Ajang Balap Mobil Serta Motor

Rabu, 31/08/2022 11:38 WIB
Dani Sarwono (Ketua Komisi Safety IMI) : Sentul Sirkuit Masih Layak dan Aman untuk Ajang Balap Mobil Serta Motor
Kevin Safaruddin Mandria yang alami race accident pada event Yamaha Sunday Race, Sentul International Circuit dinyatakan masih layak aman untuk ajang balap mobil serta motor

mobilinanews (Bogor) - Peristiwa meninggalnya Kevin Safaruddin Madria pada balapan Yamaha Sunday Race 2022 putaran 2 di Sentul International Circuit, Minggu (28/8/2022) kemarin ada pihak yang mempertanyakan kelayakan sirkuit.

Terutama mempertanyakan kelayakan lintasan Sirkuit Sentul, terkait mengenai safety (keselamatan).

Dani Sarwono, mantan pembalap dan perally nasional yang sudah lebih dari 10 tahun menjadi COC (Clerk of The Course) di Sirkuit Sentul dan sukses sebagai COC Formula E beberapa bulan lalu menjelaskan, kejadian itu murni kecelakaan dalam sebuah lomba balap di Sirkuit.  

"Istilahnya, race accident. Kasusnya hampir sama dengan insiden yang dialami pembalap MotoGP asal Italia, Simoncelli di sirkuit Sepang Malaysia beberapa tahun lalu. Simoncelli akhirnya juga tak tertolong," ungkap Dani Sarwono kepada mobilinanews.

"Tak ada hubungannya kecelakaan tersebut dengan kondisi trek, baik lintasan maupun kualitas aspalnya. Terbukti pada kelas-kelas sebelumnya tidak terjadi kecelakaan atau insiden apapun," terang Dani Sarwono.

Dani Sarwono yang juga ketua Komisi Safety IMI Pusat menambahkan, pihaknya juga sedang menganalisa kejadian tersebut secara detil agar kejadian serupa tidak terulang lagi.  

Dani Sarwono yang ikut melayat ke rumah duka juga telah meminta kepada Dicky Setiawan selaku penasehat tim Alrasyid Indo Racing (tim almarhum Kevin Safaruddin), foto helm yang digunakan almarhum agar bisa menjadi bahan analisa dan diskusi di komisi safety. 

"Kami mengharapkan agar peristiwa ini dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak, baik para pembalap muda, Yamaha selaku pemilik event YSR, pengurus IMI serta manajemen Sirkuit Sentul. Kita doakan almarhum Kevin husnul khotimah, kita saling introspeksi diri dan jangan malah saling menyalahkan serta mencari kambing hitam," harap Dani Sarwono.

Seorang netizen bahkan menyampaikan ilustrasi lebih tegas lagi. "Pembalap sekelas Simonceli mengalami crash dan akhirnya meninggal dunia dalam kondisi aspal sirkuit yang mulus dan tidak rusak. So, motorsport can be dangerous. Safety harus nomor satu," tulis netizen. (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo