mobilinanews

Danau Toba Rally 2022: Pereli Senior Rifat Sungkar Andalkan Mitsubishi Xpander AP4, Gandeng Co-Driver Australia!

Selasa, 20/09/2022 16:08 WIB
Danau Toba Rally 2022: Pereli Senior Rifat Sungkar Andalkan Mitsubishi Xpander AP4, Gandeng Co-Driver Australia!
Mitsubishi Xpander AP4 menjadi andalan pereli senior Rifat Sungkar pada APRC Cup 2022 di kawasan Aek Nauli, Simalungun, Sumatra Utara

mobilinanews (Parapat) - Dunia reli Indonesia terus menggeliat. Setelah menuntaskan putaran pembuka Kejurnas Rally 2022 pada awal Agustus lalu, kawasan Aek Nauli Kabupaten Simalungun akan menjadi medan pembuktian para pereli yang bersaing dalam Asia Pacific Rally Championship (APRC) pada 23-25 September 2022.

APRC merupakan Kejuaraan reli bergengsi di tingkat Asia Pasifik dan hanya berada satu tingkat di bawah World Rally Championship (WRC) atau ajang Kejuaraan Reli Dunia.

Indonesia sendiri sering kali tercatat sebagai tuan rumah APRC. Yaitu 1989-1997, 2000, 2005-2009, dan yang terakhir sebelum pandemi hadir yaitu pada 2019.

Rifat Sungkar dan navigator Benjamin Searcy dari Australia di Parapat

Selama hadir di Indonesia, baru dua provinsi yang menjadi lokasi APRC yaitu Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan, di mana kawasan Danau Toba Sumatra Utara menjadi kawasan paling sering disinggahi.

Kendati belum menorehkan nama di podium tertinggi, kehadiran pereli Indonesia di arena APRC cukup disegani. Nama Rifat Sungkar, Rizal Sungkar maupun Subhan Aksa cukup diperhitungkan saat turun di arena Rally of Indonesia APRC.    

Rifat Sungkar merupakan pereli Indonesia yang paling bersinar di arena APRC. Pada 2006, Rifat mampu bertengger di posisi 4 Overall APRC. Ketika itu, Cody Crocker, pereli WRC asal Australia, yang menjadi juara.

Rifat kembali masuk Top Ten pada APRC 2007, di tahun itu semakin banyak pereli WRC yang berlaga di APRC.

Prestasi Rifat tertinggi diraih pada 2011, saat menjadi Juara 3 APRC berada di bawah dua pereli WRC yaitu Allister McRae dan Chris Atkinson.

Pada 2022 ini merupakan tahun pertama Rifat Sungkar kembali berlaga di kancah reli setelah 12 tahun terakhir lebih banyak bertarung di arena Drifting, Sprint Rally dan Speed Offroad.

Bersama Mitsubishi XPANDER Rally Team, Rifat Sungkar yang disupport penuh PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akan mencoba unjuk bisa berprestasi.

Bersama navigator asal Australia Benjamin Searcy, Rifat kembali membawa tunggangan andalannya Mitsubishi XPANDER AP4.

Berbagai persiapan telah dilakukan, terutama perbaikan pada kerusakan yang diderita XPANDER AP4 saat berlaga di Rally Danau Toba Agustus lalu.

“Perbaikan sudah selesai dilakukan, Mitsubishi XPANDER AP4 kembali segar dan siap untuk menunjukkan performa terbaiknya,” ungkap Rifat Sungkar.

Menurut Rifat, pengalaman di Danau Toba Rally putaran 1 pada Agustus silam memberi banyak informasi tentang karakter kondisi kawasan Aek Nauli yang menjadi arena pertarungan.

Kendati demikian, Rifat tidak mau gegabah karena apapun bisa terjadi. Yang pasti ia akan kerahkan segala kemampuan untuk meraih prestasi tertinggi.

“Saya semakin mengenal lintasan yang akan dilalui sepanjang APRC ini. Namun saya tidak mau anggap enteng, karena apapun bisa terjadi di arena reli. Yang jelas, saya akan berjuang meraih hasil terbaik dan menunjukkan bahwa Mitsubishi XPANDER AP4 merupakan kendaraan yang luar biasa,” pungkas Rifat Sungkar. (bs)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo