mobilinanews

Bamsoet Apresiasi Kejuaraan Dunia Balap Motor WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika Lombok Berlangsung Sukses dan Aman

Selasa, 15/11/2022 00:05 WIB
Bamsoet Apresiasi Kejuaraan Dunia Balap Motor WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika Lombok Berlangsung Sukses dan Aman
Bamsoet (baju kuning) didampingi Sadikin Aksa melambaikan tangan kepada penonton WSBK 2022 di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat

mobilinanews (Lombok) - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang "Bamsoet" Soesatyo mengikuti Grid Ceremony Race 2 World Superbike 2022.

Mengumandangkan lagu Indonesia Raya bersama 45 ribu lebih penonton yang hadir langsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (13/11/2022).

Serta disaksikan langsung oleh ratusan juta pasang mata dari berbagai kalangan warga dunia yang menyaksikannya dari televisi di masing-masing negaranya.

"Penyelenggaraan World Superbike 2022 di Mandalika juga menjadi milestone penting bagi Indonesia. Karena menjadai race ke-900 World Superbike, sejak race pertama dimulai pada April 1988 di Sirkuit Donington Park, Inggris. Sebuah kebanggaan besar bagi kita, karena Indonesia dan Pertamina Mandalika International Street Circuit sukses menggelar World Superbike dan telah menjadi bagian penting dari sejarah panjang perjalananan World Superbike," ujar Bamsoet usai mengikuti Grid Ceremony di Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok, NTB, Minggu.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, dalam Race 2 World Superbike, Toprak Razgatlıoglu berhasil finish di urutan pertama.

Disusul Alvaro Bautista di posisi kedua, dan Jonathan Rea di posisi ketiga. Walaupun finish di urutan kedua, Alvaro Bautista berhasil mengunci gelar juara dunia World Superbike 2022. 

"Alvaro Bautista mengoleksi 553 poin di puncak klasemen WSBK 2022. Sementara Toprak Razgatlıoglu berada di posisi kedua dengan 487 poin. World Superbike 2022 hanya menyisakan satu putaran lagi pada 18-20 November 2022 di Australia, sehingga poin yang diraih Alvaro Bautista tidak mungkin terkejar oleh pembalap lainnya," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, tercatat sudah lebih dari 45.517 tiket menonton World Superbike yang terjual habis ke berbagai kalangan masyarakat.

Penonton dari luar negeri juga tetap banyak. Karena Mandalika memiliki sisi keeksotisannya tersendiri yang tidak akan pernah habis dinikmati oleh siapapun yang datang kesini.

Kedatangan para turis domestik maupun internasional menyaksikan event World Superbike selama tiga hari di NTB pada 11-13 November 2022 telah memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat NTB. Terlihat dari okupansi hotel, jasa transportasi, serta industri kuliner, merchandise dan UMKM lainnya yang laris manis kebanjiran order.

"Pada saat penyelenggaraan WSBK Indonesia Round 2021 saja, perputaran uangnya dikabarkan mencapai ratusan miliar. Antara lain terlihat dari peningkatan signifikan terhadap okupansi hotel, dari biasanya 15 persen menjadi 95 persen, pembukaan lapangan pekerjaan terhadap sekitar 1.500 pekerja yang direkrut berasal dari masyarakat NTB, terutama penduduk dari enam desa penyangga di sekitar KEK Mandalika, hingga tambahan pemasukan asli daerah (PAD), dengan rincian dari pajak hiburan sebesar 15 persen, pajak parkir 30 persen, dan pajak restoran sebesar 15 persen," terang Bamsoet. (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo