mobilinanews

Kembali Turun ke Asia Cross Country Rally di Thailand, Ini Mobil Andalan Memen Harianto dan Modifikasinya

Senin, 14/11/2022 17:08 WIB
Kembali Turun ke Asia Cross Country Rally di Thailand, Ini Mobil Andalan Memen Harianto dan Modifikasinya
Jeep Cherokee XJ Ltd ini menjadi andalan Memen Harianto, Rimrim dan Chonlanat Phophipad ke Asia Cross Country Rally di Thailand - Kamboja, 21-26 November 2022

mobilinanews (Jakarta) - Dalam suatu kesempatan di MMN Jeep Works, workshop spesialis Jeep di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, mobilinanews sengaja mengunjungi markas tim 148 yang sedang mempersiapkan mobil yang akan segera dipacu offroader senior Memen Harianto di Asia Cross Country Rally (AXCR) di Thailand – Kamboja, 21-26 November 2022.

Oya, Memen boleh dibilang sebagai peserta privateer di event bergengsi Asia itu. Dari Indonesia, juga turun 2 tim pabrikan yakni Toyota Gazoo Racing dengan pereli Takuma Aoki dan Mitsubishi Ralliart dengan driver Rifat Sungkar.  

Memen dan timnya terlihat sedang fokus mendiskusikan persiapan akhir sebelum mobilnya diberangkatkan ke Thailand pada 17 November pekan ini.

“Kita sedang tes akhir suspensi dan recovery kit," ujar Memen yang juga pemilik MMN Jeep Works kepada mobilinanews.

Yuk, kita intip mobil yang akan dipacu Memen di AXCR 2022 dan kita bocorkan di sini. Simak berikut ini.

MOBIL : Jeep Cherokee XJ Ltd

MESIN : Cherokee Country 2000.

Memen melakukan beberapa sentuhan untuk mengoptimalkan kinerja mesin. Pertama, merefresh mesin dengan penggantian metal, ring piston serta jeroan mesin lainnya merupakan menu wajib. Dilanjutkan dengan porting Polish untuk mengoptimalkan aliran bahan bakar, udara dan sisa gas buang. 

Intake manifold OEM Jeep TJ dengan Throttle body 70mm dipasang bersamaan dengan header custom dari Tunas BMK Knalpot. Tabung Borla dengan suara khasnya pun disematkan untuk megalirkan sisa gas hasil ledakan pembakaran. 

Saluran udara menggunakan safari snorkel dengan air filter KNN. Sementara, ignition system menggunakan DUI. Memen Harianto

Mendukung kinerja mesin, cooling system dimaksimalkan dengan memasang radiator aluminium 3 ply disertai 4 buah fan, serta water spray radiator jika diperlukan. 

Transmisi AX15 OEM XJ Sport dengan transfercase NP242 dipasang di mobil ini. Kopling set centre force pun menjadi pilihan dan dirasa cukup mengakomodir tenaga mesin 6 cylinder inline. 

Pada sektor kaki, gardan dana 35 dan 30 diperkuat dengan melakukan reinforced. Detroit locker dan true track dipilih menemani final gear dengan rasio 4.1 : 1.

Rasio ini dipilih agar kendaraan tidak terlalu agresif pada putaran bawah, namun mampu mencapai top speed yang maksimal pada putaran atas. 

Sistem suspensi masih menggunakan standar pabrik, hanya melakukan penggantian per dari produk Rusty untuk lift up suspensi 2.5 inch mendukung ban 31x10,5 R15. Nitrogen bump stop merk Fox dipilih oleh Memen. 

Shock yang dipergunakan cukup modern, Race Pace travel 12 dan 14 inch. Tidak hanya Low dan Hi speed compress maupun rebound yang bisa disetting sesuai kebutuhan, shock 5 way ini dilengkapi dengan anti rolling system. 

Pada interior, Jok, seat belt dan stir Sparco menjadi pilihan. Roll bar 8 titik berbahan seamles menjadi pelindung. 

Pada bagasi belakang, 2 buah ban cadangan terpasang bersebalahan diantara Winch portable dr Warn 9.5ti dan dongkrak aluminum. 

Sementara, terdapat 3 alat navigasi terpasang di mobil ini. Yoda Arm Trip Meter dan Tera Trip didukung dengan 1 tab berisi aplikasi rally trip meter. Ketiganya bekerja dengan system satelit.

Selain turun di kelas mobil, tim Indonesia juga ada yang laga di kelas sepeda motor

Di kesempatan yang sama Rimrim (Rimhalsyah Buchari), yang nanti bersama Tae (Chonlanat Phophipad) akan mendampingi Memen sebagai navigator, menjelaskan di samping masalah yang secara langsung terkait kendaraan, juga perlu disiapkan hal pendukung lainnya.

Di samping driver dan navigator, seluruh crew mekanik dan tim media yang berangkat harus terdaftar dan memenuhi beberapa persyaratan adimistrasi, terlebih karena akan melintas ke perbatasan negara lain.

Karena cross country rally berjalan dalam waktu yang cukup panjang dengan total rute 2.000 km, maka kesiapan spareparts, logistik, akomodasi, dan mobilisasi crew sangat penting dipersiapkan.

Gak kalah bikin pusing, persiapan hal-hal pendukung ini akhirnya perlu sering-sering dikoordinasikan dengan beberapa pihak di Thailand dan Kamboja, yang akan menjadi tempat persinggahan tim.

Memen bersyukur telah disupport oleh beberapa pihak/sponsor, yang sudah terpampang logonya di body mobil. Selain Suwarnadwipa Nusantara Circuit yang sudah pasti ada di sana, terlihat sederet logo seperti Telkomsel Indonesia, Livin’ (Bank Mandiri), Furukawa Battery, dan JNE.

Di tengah kesibukan tim mencoba mobilnya, Memen sesekali juga ikut mencobanya.

Kita doakan Memen dan tim berhasil mempersiapkan kendaraannya tepat waktu dan meraih hasil yang diharapkan.

Sebagai catatan, ini merupakan keikutsertaan yang kesekian kalinya pada event yang sering dijuluki sebagai rally Paris Dakar versi Asia ini.

Terakhir Memen dan Rimrim mengikuti Asia Cross Country Rally di Thailand 2019. (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo