mobilinanews

ISSOM 2022 : BMW Team Astra Jalankan Misi Khusus Eksistensi 15 Tahun di Ajang Balap Nasional

Rabu, 07/12/2022 13:01 WIB
ISSOM 2022 : BMW Team Astra Jalankan Misi Khusus Eksistensi 15 Tahun di Ajang Balap Nasional
Mission 6, jadi tonggak eksistensi 15 tahun BMW Team Astra di kancah balap nasional (foto : Endy Digital Image)

mobilinanews (Jakarta) - Dalam gelaran ISSOM Seri 7 by Ray JS Gazpoll yang digelar akhir pekan lalu (4/12/2022) di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jaww Barat, BMW Team Astra, turut melancarkan misi baru dengan codename Mission:6 (Mission Six).

Adapun penggunaan codename Mission:6 ini dijelaskan oleh Gerry Nasution, salah satu pembalap BMW Team Astra, sebagai tonggak eksistensi tim balap tersebut setelah 15 tahun melanglang buana dalam kancah balap touring nasional.

"Seri 7 kita bikin sesuatu sebagai tonggak 15 tahun BMW Team Astra dengan menggaungkan Mission:6. Jadi Mission:6 ini adalah one car, one driver, six start, six finish dan six podium, jadi kenapa namanya Mission:6 ya didasari hal itu," buka Gerry Nasution, menjelaskan makna dari Mission:6 kepada mobilinanews.

Demi memuluskan rencananya tersebut, BMW Team Astra telah menyiapkan satu unit BMW 2002 yang akan melakoni balapan sebanyak enam kali race dalam satu hari. Dengan target tersebut, sudah tentu tim harus meracik strategi supaya para kru mekanik ini paham mengenai tugas dan fungsinya masing-masing selama balapan.

"Kita konsentrasi itu kemarin, makanya tim kita semua pahami bahwa misinya adalah balap pakai satu mobil harus bisa enam kali start, harus bisa enam kali finish, dan harus bisa enam-enamnya podium. Kita bikin planning, jadi kaya kita mau balap enduro. Tapi ini lebih parah, karena kita kan startnya enam kali, bukan cuma sekali. Teamwork benar-benar kerja, dan kita juga langsung bagi tim, siapa ngurus apa, siapa mengerjakan apa, dan seterusnya," sambung Gerry, pembalap yang khas dengan nomor 53 ini.


BMW 2002 andalan Gerry Nasution di ajang ISSOM Seri 7 by Ray JS Gazpoll (Endy Digital Image)

Selain untuk menunjukkan eksistensi selama 15 tahun di panggung motorsport nasional, Gerry Nasution, memiliki visi serta target lain. Setelah melakoni balapan selama enam kali berturut-turut dalam satu hari pada putaran keenam lalu, kini ia ingin memberikan pencapaian baru lewat Mission:6

"Jadi intinya kita mau coba, push the limit. Di mana kita balapan serius, enam kali balap itu bukan sekedar jalan-jalan di trek, dan benar-benar balapan dengan satu mobil dan harus ada hasilnya, bukan cuma sekedar start," ucap Gerry.

Mengingat jeda balap satu dengan yang lainnya cukup mepet, maka re-inspection terhadap mobil balap BMW 2002 alias Bubble harus dilakukan dengan cepat. Terlebih jika mengingat mobil tersebut sudah berumur, maka quick repair after race harus dilakukan dengan teliti.

"Waktunya pendek, karena kan hanya dipisahkan sama jeda balapan. Jadi jarak balapan rapat-rapat, kita benar-benar balap enduro. Dan satu lagi, yang kita balapin adalah mobil umurnya 46 tahun, ini kan banyak faktor x yang bakal terjadi," beber Gerry.

Dan benar saja, mobil yang kini menggendong mesin M42 tersebut sempat mengalami masalah pada balapan kelima dan keenam. Meski dirundung dengan kendala teknis, tetapi baik Gerry Nasution maupun kru mekanik tetap on track dan percaya bahwa misi ini bisa diselesaikan secara jantan.


Gerry Nasution, lakoni balap 6 kali dalam satu hari (Endy Digital Image)

"Dan itu terjadi, saat balapan keempat, mobil BMW 2002 ini mengalami kendala teknis. Mobil diinspeksi semua sektor, dan kita sempat ganti oli. Pas balap kelima, mobil drop tapi kita harus tetap finish. Saat balapan keenam, lewat tiga lap, lampu kelistrikan nyala dan lampu ampere nyala, meteran ampere turun ngedrop. Akhirnya masuk sebentar, saya bilang untuk cek aki, ternyata aman semua. Dan ternyata setelah balap, saat mobil dicek masalah mobil jadi ketahuan, dudukan alternator lepas, jadi engga bekerja maksimal kan," kenang Gerry.

Setelah berjibaku dengan waktu serta kendala yang terjadi, di penghujung balapan serta musim balap, BMW Team Astra dapat tertawa lepas serta puas atas pencapaian yang diraih pada seri ketujuh ini.

"Alhamdulillah, tercapai dapat podium semua serta di classic dapat podium pertama. ETCC Indonesia udah dapat juara umum, STCR podium pertama," tandas Gerry. (har)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo