mobilinanews

Sirkuit Mandalika Lombok Kini Grade 2 FIA, Bisa Gelar Balap Mobil, Single Seater F2 Hingga WEC!

Kamis, 08/12/2022 20:18 WIB
Sirkuit Mandalika Lombok Kini Grade 2 FIA, Bisa Gelar Balap Mobil, Single Seater F2 Hingga WEC!
Inspektur FIA, Tim Schenken (tengah bertopi) saat melakukan inspeksi di Sirkuit Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat, Kamis (8/12/2022) hari ini

mobilinanews (Lombok) - Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, sekarang tidak hanya bisa untuk gelaran balap motor international seperti World Superbike (WSBK) dan MotoGP. 

Tapi, mulai hari ini, sirkuit yang terletak di Kabupaten Lombok, NTB, juga bisa dipakai ajang balap mobil international. Itu setelah Timothy Theodore Schenken (Tim Schenken) selaku Inspektur FIA melakukan inspeksi ke Sirkuit Mandalika Lombok, Kamis (8/12/2022) tadi siang. 

"Setelah melakukan inspeksi secara menyuruh, dari lintasan, dan fasilitas pendukung lainnya, FIA memberikan status Grade 2 untuk sirkuit Mandalika. Dengan menyandang Grade 2, maka sirkuit Mandalika sudah bisa untuk menggelar ajang balap mobil di antaranya single seater F2, balap ketahanan FIA World Endurance Championship (WEC) dan GT3," ujar Bagoes Hermanto kepada mobilinanews.

Bagoes Hermanto, Deputy (International) WKU Olahraga Mobil IMI Pusat menyampaikan itu usai mendampingi Tim Schenken di sirkuit Mandalika. Selain Bagoes, ikut `mengawal` inspektur sirkuit FIA asal Sydney, Australia adalah Ananda Mikola (WKU Olahraga Mobil IMI Pusat), Djembar Kartasasmita (Direktur Homologasi) serta Irawan Sucahyono (advisor).

Sukses ini selain upaya MGPA (Mandalika Grand Prix Association) dan ITDC selaku pengelola sirkuit Mandalika juga karena kinerja IMI Pusat.

"Tepatnya, ini kinerja bidang olahraga mobil IMI Pusat yang dikomandani mas Ananda Mikola. Kita ingin olahraga mobil bisa lebih maju lagi di Indonesia," ungkap Bagoes Hermanto. 

Kenapa pembenahan sirkuit Mandalika tidak sekalian untuk Grade 1, sehingga bisa untuk gelaran F1?

"Bertahap, kita Grade 2 dulu. Mungkin ke depan, jika prasarana dan infrastruktur telah siap, bisa saja Grade 1 agar bisa untuk F1," pungkas Bagoes yang juara Formula Asia Cup tahun 2007. (budi santen)

    

 

1

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo