mobilinanews

Jelang Pameran IIMS 2023 : Keluarga Pembalap Mobil Abraham Busro di Parade dan Talk Show Pembalap 3 Generasi

Senin, 06/02/2023 01:08 WIB
Jelang Pameran IIMS 2023 : Keluarga Pembalap Mobil Abraham Busro di Parade dan Talk Show Pembalap 3 Generasi
Abraham Busro dengan latar belakang trofi yang diperolehnya dari ajang balap mobil ISSOM di Sentul International Circuit. (foto : bs)

mobilinanews (Jakarta) - Salah satu bintang tamu Parade dan Talkshow Pembalap 3 Generasi di ajang IIMS 2023 pada Rabu (22/2/2023) adalah keluarga pembalap Abraham Busro. 

Siapa Abraham Busro? Beliau adalah juara nasional kelas Euro 2000 Novice ETCC tahun 2017.

"Ya, pada saat itu, aku memang melakukan persiapan maksimal untuk mengejar target bisa menjadi juara nasional. Alhamdulillah, melalui persaingan ketat, akhirnya tercapai meraih trofi juara nasional," ujar Abraham Busro kepada mobilinanews.

Ditemui di kantornya yang asri di kawasan Lebak Bulus Jakarta Selatan belum lama ini, Pak Abe - sapaan akrabnya - menuturkan bahwa ia balap mobil dengan bendera tim Gazpoll Racing Team yang dipimpin Tomi Hadi.

Saat itu, Pak Abe yang seorang pengusaha tambang batubara dan pengelolaan pelabuhan di Sumatra Selatan, memang bersaing ketat dengan Eko Bambang pembalap asal Kediri, Jawa Timur. 

Trofi juara nasional ETCC 2017 yang diraih Abraham Busro

"Aku jadi teringat, nama Eko Kediri (Eko Bambang), salah satunya karena pernah nabrak aku saat balapan hehe," lanjut Pak Abe. 

Di ruang kerjanya, berjajar trofi dan piala yang berhasil diraihnya saat mengikuti balap mobil di sirkuit Sentul international Bogor. Termasuk trofi juara nasional tahun 2017 yang disebutnya sangat berkesan.

Lalu, bagaimana ceritanya Naufal Rafif Busro (16 tahun) putra bungsunya sang juara double national championship (juara nasional balap mobil ITCR 1.200cc dan juara nasional Drifting kelas Pro) tahun 2022 mengikuti jejaknya sebagai pembalap?   

Sebelum mengutip keterangan Pak Abe, mobilinanews menyampaikan sedikit teaser tentang Naufal Rafif Busro. Tak pelak, Naufal menjadi salah satu "bocah ajaib" di lintasan olahraga balap mobil lintasan aspal. Di usianya masih belia, dia berhasil mencetak 2 juara nasional dari dua cabor tersebut.

Di tahun perdananya memperkuat skuad Honda Racing Indonesia, Naufal langsung menyabet gelar juara nasional. Mengandalkan Honda Brio, siswa kelas 2 SMA Lab School Cirendeu, Pondok Cabe ini nyaris menyapu bersih seluruh round sepanjang musim balap mobil 2022.

Ternyata, Naufal juga mencetak gelar juara nasional dari Drifting, mengalahkan para drifter senior yang sudah malang melintang.

Naufal Rafif Busro, salah satu bocah ajaib di ajang balap

"Naufal pertama mencoba mobil balap pada 2019, saat berusia 13 tahun. Waktu itu, pakai mobil BMW yang aku pakai balap dan mengantar aku menjadi juara nasional di kelas ETCC," ungkap Pak Abe. 

Pertama nyoba mobil balap di sirkuit Sentul, digambarkan Pak Abe, Naufal masih kikuk. "Aku masih ingat, saat itu dia bingung pas mobilnya masuk gravel (keluar lintasan). Mau mundur, tapi gak bisa hehe," cerita Pak Abe sembari tersenyum.

Sempat dilatih beberapa pembalap senior, sampai akhirnya Naufal nekad ikut balap di round berikutnya. Bukan pakai BMW, melainkan Honda Brio yang langsung disiapkan papanya. 

"Karena masih 13 tahun, om Tomi Hadi bos tim Gazpoll Racing, bertanda tangan sebagai penjamin Naufal kepada penyelenggara. Balapan pertama belum naik podium, namun di seri selanjutnya, sudah mulai menang. Dengan Honda Brio, Naufal meraih juara dalam 3 tahun hingga 2022 lalu," terang Pak Abe yang berasal dari Sumatra Selatan (wong kito).

Sejak Naufal serius di ajang balap, Pak Abe pun memilih "pensiun dini", untuk lebih fokus support putranya. Yakni dengan membentuk tim baru, NRB Racing Team diambil dari nama Naufal Rafif Busro. Tidak hanya Naufal, namun juga diperkuat beberapa pembalap muda berbakat.

Abraham Busro (kanan), selalu mengawal Naufal di ajang balap

Sampai akhirnya, pada penghujung 2021, Naufal direkrut masuk tim Honda Racing Indonesia. Bisa jadi, Naufal termuda sebagai pembalap pabrikan di ajang balap mobil ISSOM.

Namun, energi Naufal masih berlebih hanya untuk balap mobil 6 round sepanjang tahun. Maka, ia pun mencoba ladang balap lain yaitu Drifting. Dan, semua mata terbelalak, ketika Naufal yang masih anak kemarin sore tampil konsisten, akhirnya bisa menyabet predikat juara nasional.

Naufal akan mendapat anugerah IMI Awards yang akan dilangsungkan di Grand Ballroom Sultan Hotel Senayan Jakarta, Sabtu (18/2/2023) mendatang. 

Naufal yang akan sweet seventeen 17 tahun pada Juni mendatang, terus tumbuh menjadi pemuda memiliki passion terhadap dunia otomotif dan motorsport. Mengisi waktu luang jelang musim balap 2023, mulai gemar main Harley-Davidson, hobi yang pernah dilakukan Pak Abe.

Satu unit Harley-Davidson terbaru dari Amrik didatangkan khusus untuk Naufal. "Dari kecil, Naufal memang sudah main motorcross. Sekarang  beranjak remaja ke pemuda, ganti mengendarai Harley-Davidson. Sudah cukup mahir dia," ungkap Pak Abe. 

Banyak yang meyakini, talenta luar biasa Naufal, mengikuti jejak sang ayah. (budi santen)   

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo