mobilinanews

Nusa Tenggara Barat Memiliki 3 Sirkuit International Yang Menggelar Tiga Event Balap Kejuaraan Dunia!

Minggu, 14/05/2023 00:08 WIB
Nusa Tenggara Barat Memiliki 3 Sirkuit International Yang Menggelar Tiga Event Balap Kejuaraan Dunia!
Nusa Tenggara Barat memiliki 3 sirkuit international yang menggelar tiga event balap kejuaraan dunia yaitu MotoGP, WorldSBK dan MXGP

mobilinanews (Jakarta) - Ketua Umum IMI Pusat Bambang "Bamsoet" Soesatyo menjelaskan, Sirkuit MXGP Selaparang, Lombok yang akan digunakan pertama kalinya untuk menyelenggarakan MXGP, berlokasi di eks Bandara Selaparang.

Memiliki panjang 1.600 meter, lebar 500x144 meter dengan tekanan angin yang sedang dan cocok untuk mesin penggaruk tanah berpacu.

Sirkuit ini juga memiliki 16 tikungan dan beberapa area jumping. Karena berada di lokasi eks Bandara Selaparang, menjadikan sirkuit ini memiliki luas yang cukup untuk menampung parkir kendaraan penonton.

Kehadiran Sirkuit MXGP Selaparang, Lombok menjadikan NTB mengukir sejarah dalam perkembangan balap motor Indonesia, bahkan dunia.

"NTB memiliki tiga sirkuit internasional yang dapat menyelenggarakan tiga event balap motor dunia. Yakni World Superbike dan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, serta MXGP di Sirkuit MXGP Samota, Sumbawa dan Sirkuit MXGP Selaparang, Lombok," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, kehadiran 3 sirkuit internasional tersebut selain dapat memajukan olahraga balap motor dan motocross di Indonesia, sekaligus menjadi destinasi sport automotive tourism yang dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan asli daerah NTB serta pendapatan masyarakat setempat.

Pada penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022, mampu mendatangkan 102.801 penonton, memberikan dampak ekonomi secara nasional sebesar Rp 4,5 triliun dan memberikan dampak ekonomi lokal bagi NTB Rp 3,57 triliun.

Sedangkan dalam World Superbike 2022-2023, mampu mendatangkan sekitar 51.629 penonton pada tahun 2022 dan 59.251 di tahun 2023.

"Memberikan dampak ekonomi nasional mencapai Rp 85,39 miliar dan dampak ekonomi bagi NTB sebesar Rp 66,77 miliar di tahun 2023; serta mendatangkan dampak ekonomi nasional Rp 114,37 miliar dan dampak lokal bagi NTB Rp 89,81 miliar di tahun 2022," pungkas Bamsoet. (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo