Tes Valencia: Gawat! Vinales di YZR-M1 dan Iannone di GSX-RR Kian Cepat, Eh Lorenzo di GP16 Melambat

Selasa, 15/11/2016 22:40 WIB

mobilinanews (Valencia - Spanyol) - Penampilan pertama Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales dengan motor baru mereka, bagai bumi dan langit. Meski mencetak top-speed terkencang, best-lap Lorenzo dengan GP16 lebih lambat ketimbang saat ia juarai GP Valencia pakai YZR-M1. Sebaliknya, Vinales yang membesut YZR-M1 lungsuran Lorenzo, cetak best-lap tercepat dan lebih kencang daripada Valentino Rossi.

Tes resmi akhir musim di Valencia memang kesempatan pembalap menguji motor baru mereka. Beberapa malah menggunakan motor 2017. Atau, pakai motor 2016 yang sudah dimodifikasi.

Tapi, terlepas dari itu, pencapaian Lorenzo di atas Ducati mengejutkan. Karena catatan waktunya saat latihan resmi pasca musim 2016 dengan GP16, lebih lambat 2 detik daripada saat menjuarai GP Valencia dengan YZR-M1.

Sebagai catatan, Lorenzo mencetak rekor best-lap QTT Valencia dengan catatan 1 menit 29,401 detik. Tapi, pada tes hari pertama dengan GP16, catatan waktu terbaik X-Fuera hanya 1 menit 31,575 detik!

Yang masih melegakan, dalam tes itu, Lorenzo yang geber GP16 berkelir hitam, cetak top-speed terkencang. Kecepatan puncak Lorenzo mencapai 322.4km/h. Itu lebih kencang 3,6 km/jam dari pencetak top-speed kedua, Hector Barbera (Avintia Ducati).

Sebaliknya, Maverick Vinales yang juga pertama kali jajal YZR-M1, malah makin mengilap dibanding saat ia balap dengan Suzuki GSX-RR di Valencia. Nggak tanggung best-lap Vinales di atas YZR-M1 adalah yang terbaik dari 26 pembalap yang berujicoba.

Best-lap Andrea Iannone sebagai joki anyar Suzuki pun lebih baik dari Lorenzo. Padahal, GSX-RR terkenal paling memble urusan top-speed maupun akselerasi. Andalan kuda pacu tim Suzuki Ecstar hanya stabilitas di tikungan, yang sudah sejajar dengan Honda RC213V dan YZR-M1.

Sekali lagi, ini bukti bahwa Desmosedici memang paling edan top-speednya. Tapi, paling buruk soal manuver di tikungan. Sementara, Vinales dan Iannone memperlihatkan bahwa YZR-M1 dan GSX-RR lebih mudah dikendalikan. Tapi, sesuai aturan, Lorenzo, VInales maupun Iannone belum boleh komentar apappun soal Ducati, YZR-M1, maupun GSX-RR hingga 1 Januari 2017. (Aries Susanto)

Berikut hasil tes akhir musim hari pertama di Valencia :

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060