Masih Ada SPBU Dengan Takaran Melebihi Batas Toleransi, YLKI Tegur Pertamina

Senin, 21/11/2016 16:32 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) baru-baru ini melakukan uji petik terhadap kualitas pelayanan SPBU Pertamina. Sebanyak 48 SPBU PT Pertamina (Persero) wilayah Marketing Operation Region (MOR) III menjadi tempat pengujian ini.

Hasil dari uji petik YLKI tersebut diketahui bahwa terdapat beberapa hal yang perlu dikaji ulang oleh PT Pertamina (Persero) terkait jumlah takaran dan kondisi fasilitas pendukung yang dimiliki SPBU.

YLKI bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Metrologi Provinsi Jakarta, Kabupaten dan Kota Tanggerang, Bogor serta Kota Bekasi melakukan pengecekan takaran nozzle SPBU. Mengacu pada batas toleransi standard Metrologi Legal (≤ ±100ml/20lt) ditemukan 2 dari 229 nozzle di 48 SPBU tersebut melebihi standard batas toleransi.

Sementara bila menggunakan standard PT Pertamina (Persero) (≤ ±60ml/20lt), ada 20 dari 229 nozzle yang hasil ujinya melebihi standard batas toleransi.

Menyikapi temuan dari YLKI ini, PT Pertamina (Persero) lewat Yudi Nugraha, Area Manager Communication & Relations Pertamina Jawa Bagian Barat menyebutkan akan segera menindaklanjutinya. “Kami akan segera tindaklanjuti, karena komitmen Pertamina selalu mengedepankan pelayanan terbaik untuk konsumen,” kata Yudi Nugraha, Senin (21/11).

“Hasil temuan YLKI masih dalam batas toleransi sesuai dengan Keputusan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri No. 37/PDN/KEP/3/2010 dan Ketetapan Standard Batas toleransi Internal Pertamina. Intinya, kami akan segera melakukan uji tera untuk mencapai pelayanan terbaik sesuai dengan standard yang telah ditentukan,” tuturnya.

Terkait fasilitas pendukung di SPBU yang masih belum memenuhi harapan konsumen, seperti toilet dan tempat ibadah, Yudi juga menyebutkan akan menjadi fokus perhatian lebih bagi PT Pertamina (Persero). Penilaian untuk kategori lainnya oleh YLKI dianggap sudah memenuhi harapan konsumen.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada YLKI. Saran dan rekomendasi yang berasal dari konsumen perlu menjadi fokus perhatian Pertamina untuk melakukan peningkatan pelayanan demi mencapai kepuasan pelanggan,” pungkas Yudi. (Zie)

TERKINI
MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060 PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka