Kondisi Ekonomi Sulit, Kendaraan Mini Pikap Jadi Solusi Usaha Kecil

Rabu, 30/11/2016 12:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kondisi ekonomi nasional dua tahun belakangan ini disebutkan mengalami penyusutan pertumbuhan yang ujung-ujungnya mempengaruhi pertumbuhan industri dan bisnis di segala bidang.

Harapan satu-satunya saat ini adalah mempertahankan bahkan meningkatkan bisnis Usaha Kecil Menegah (UKM) yang ada di wilayah urban atau pedesaan. Karena sektor inilah yang masih mampu menopang perekonomian nasional.

"Kita sudah belajar sejak awal Tata Motors masuk ke Indonesia, se-krisis apapun kondisi ekonomi kita, usaha-usaha kecil selalu mampu menopang ekonomi untuk terus bertahan," sebut Wilda Bachtiar, Marketing Manager Commercial Vehicle PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) di Pondok Indah, Jakarta, Rabu (30/11).

Kebutuhan akan kendaraan niaga kecil sekelas pikap dengan tawaran keunggulan mulai dari biaya operasional yang hemat, efisiensi BBM dan kapasitas serta performa mumpuni, menjadi sebuah peluang pasar potensial yang dianggap Tata Motors Indonesia harus tergarap dengan sangat baik.

Tata Motors Indonesia adalah pelopor di segmen kendaraan niaga mini pikap diesel yang sudah diluncurkan sejak tahun 2014 lalu. Meluncur dengan harga Rp64 juta pada saat itu, Tata Ace Ex menjadi kendaraan niaga yang sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis UKM di Indonesia.  

Disebutkan oleh Tata Motors Indonesia, potensi pembelian kendaraan pikap di wilayah urban dan pedesaan sangat besar. "Meski sangat lekat dengan pertanian, tetapi wilayah pedesaan juga punya potensi industri yang tidak kalah besar, 73% desa punya industri dan semua industri ini membutuhkan segmen kendaraan pikap untuk distribusi," lanjut Wilda.

Dari data BPS, sekitar 63% wilayah pedesaan tidak memiliki sentra perdagangan secara fisik, sehingga kendaraan pikap bisa menjadi solusi.

Sementara untuk wilayah perkotaan, kendaraan mini pikap juga masih menyimpan potensi besar, mengingat saat ini banyak warga kota yang mulai melirik bisnis mobil toko (MOKO) dan jasa antar online shop.

"Siapapun bisa memulai usaha dengan akuisisi modal yang murah dengan menggunakan mini pikap Tata Ace Ex," pungkasnya. (Zie)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan