Lampu Mobil dan Motor Korban Modifikasi Balap Idealnya Pakai Lampu Halogen, LED, Atau HID

Senin, 05/12/2016 14:03 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Totalitas komobal, alias korban modifikasi balap bisa ditunjukin dengan pilihan lampu yang paling pas. Pasalnya, buat mobil balap atau yang bergaya balap, selain gaya, lampu jadi penunjang performa. Saran dari Lily Hermawan, direktur lampu aftermarket Autovision, pilih lampu yang bisa menunjang visibilitas.

“Ada tiga macam lampu yang biasa digunakan mobil atau motor. Ada halogen, Light Emiting Diode yang biasa kita kenal LED, dan High Intensity Discharge atau HID,” jelas Lily.

Jenis halogen paling banyak dipakai motor. Karena Itu jenis lampu orisinal alias bawaan dari pabrik.  Sedangkan LED dan HID merupakan pilihan kedua atau secondary choice. “Pemakaian LED atau HID, tergantung kebutuhannya,” papr Lily Hernawan, direktur lampu aftermarket Autovision.

Menurut Lily, untuk balap, dibutuhkan lampu yang memiliki intensitas cahaya yang fokus dan cukup tinggi. Ia menyebut, buat adventure, seperti sprint rally, offroad, atau sekelas Paris-Dakkar, mestinya pakai halogen dengan HID, atau LED. “HID punya intensitas cahaya 2 kali lebih terang dibanding halogen,” imbuhnya pria yang telah 10 tahun geluti bisnis lampu aftermarket Autovision,

LED dan HID memiliki teknologi yang lebih canggih. Apalagi, setelah diaplikasikan dengan ballast untuk mem-boost cahaya. “HID dan LED juga tahan terhadap goncangan dan kedap air,” tegas Lily lagi.

Lampu LED punya fungsi unggulan, sebagai lampu penanda. Kalau bicara jangkauan sinar, HID lebih jauh dari lampu halogen atau LED. “Selain itu pancaran sinar lampu HID lebih luas, dengan titik fokus yang bisa disesuaikan. Makanhya harganya sedikit di atas halogen dan LED,” pasti Lily.

Kalau bingung memilihnya, Autovision punya range pilihan lampu terlengkap. Khususnya jenis LED. Salah satunya, LED spot yang anti-air, dan optimal meningkatkan visibilitas saat malam. (Adityaoka)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman