Andi Gilang Tes CBR250RR Di Buriram! Mesin Standar, Ohlins, Knalpot Jepang Best-Lap di Depan Imanuel

Senin, 05/12/2016 21:08 WIB

mobilinanews (Buriram) – Gawat! mobilinanews dapat bocoran pasukan Astra Honda Racing Team (AHRT) sedang tes All New CBR250RR di sirkuit Chang, Buriram, Thailand. Hasilnya lebih mengejutkan! Karena, saat ditunggangi Andi Gilang, dalam 25 lap, bisa konsisten di 1 menit 57,9 detik tiap lapnya. Padahal, mesin 250cc 2 silinder itu masih standar! Cuma pasang bodi balap, ganti knalpot bikinan Honda Jepang, dan pakai suspensi Ohlins!

Kabar ini cuma didapat mobilinanews, dari sumber yang, sori… malu-malu kucing. Tapi datanya jelas, kok. Ujicoba dilakukan di sirkuit Chang, Buriram, senin (05/12), dari pagi hingga sore. “Tes dijadwalkan dua hari, sampai besok (selasa, 06/12, red),” bilang sumber mobilinanews lewat pesan teks.

Ini merupakan pertama kalinya CBR250RR dites balap di sirkuit. Untuk persiapan turun di musim 2017. Ada tiga pembalap AHRT berkesempatan menguji CBR250RR yang sudah berbaju khusus balap itu. Yaitu, Andi Gilang, Ahwin Sanjaya dan Reza Danica.

Hari pertama, CBR250RR turun standar, tanpa ubahan mesin dan ECU. “Cuma ganti bodi, copot lampu-lampu, pasang footstep racing dan ban Dunlop. Sisanya, mesin standar, dar. Knalpot aja diganti racing pakai bikinan Jepang, tanpa merk. Juga pakai suspensi depan-belakang dari Ohlins,” bilang sumber itu pakai pesan teks.

Hasilnya, seperti yang disebut di atas, Andi Gilang stabil mencetak 1 menit 57,9 detik. Kalau melirik hasil kualifikasi kelas Asia Production 250 (AP250) yang jadi arena bermain CBR250RR, torehan itu sudah membuat Andi Gilang bisa start di urutan ke 21. Di depan Imanuel Pratna, di belakang Ferlando Herdian! Lihat aja di tabel QTT kelas AP250 ARRC seri VI di Buriram di bawah.

Ingat lho, catatan ini ditorehkan dengan kondisi mesin dan ECU standar. “Mesin CBR250RR memang sudah bagus. Pakai knalpot aja sudah terlihat tenaganya di trek lurus. Sasis CBR250RR juga bagus banget. Cukup dipasangin sokbreker belakang dan cartridge sokbreker depan, Andi Gilang mengaku nggak masalah di tikungan,” urai sumber mobilinanews lewat pesan teks.

Emang sih, dengar-dengar, Honda Jepang sudah kerjasama dengan Ohlins Swedia untuk pengembangan suspensi untuk All New CBR250RR, buat balap dan harian. Liat aja di sini  : all-new-honda-cbr250rr/">Sssttt… Beredar Tiga Produk Ohlins Pengangkat Gengsi dan Performa All New Honda CBR250RR

“Tes hari kedua, akan coba ECU dari Jepang. Tapi, mesin belum diapa-apain. Karena mengacu regulasi Asian Road Racing Championship,” isi pesan teks dari sumber mobilina.

 Hmmm…, All New CBR250RR dengan mesin standar, cuma ganti knalpot freeflow dan suspensi Ohlins aja udah begitu cepat. Ini artinya, musim 2017, Yamaha dan Kawasaki harus kerja lebih keras di balapan kelas sport 250cc. (Aries Susanto)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!