Diserbu Mobil Murah, Akankah Bisnis Rental Mobil Menuju Gulung Tikar?

Kamis, 15/12/2016 08:40 WIB

mobilinanews (Jakarta) -  Dengan alasan murah dan terjangkau, saat ini banyak beredar mobil baru khususnya LCGC (Low Cost Green Car) yang dijual dengan harga terjangkau. Benar-benar terjangkau karena dengan down payment di bawah Rp 10 juta saja sudah  bisa membawa pulang mobil idaman.

Dealer mematok harga di kisaran Rp 80 hingga Rp 110 jutaan. Dengan dengan harga relatif terjangkau memberi kesempatan masyarakat bisa memiliki mobil sendiri meski dengan cara kredit.

"Jika dibandingkan tahun 2014 dan 2015,  ada penurunan angka penyewaan mobil. Di tahun tersebut, perhari  kita bisa menyewakan sedikitnya 19 unit mobil. Saat ini paling 1 hingga 2 unit saja perhari," ujar Lia, karyawan Sosor Rent Car di bilangan jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur.

Diakui Lia, sang bos juga mengeluhkan penurunan sewa mobil. Diyakini karena dampak mobil baru yang semakin terjangkau. Imbas lain yang dirasakan, sebelumnya rental mobil yang memiliki 22 unit mobil sewa ini dan memiliki pelanggan tetap dari perusahaan yang jangka sewanya per tahun. Namun kini penyewa dari perusahaan sudah nihil.

Hal yang sama disampaikan Koko dari C&J Rent Car. Menurutnya, ada penurunan tingkat sewaan hingga 30 persen sejak maraknya mobil LCGC. Meski pun memiliki dampak penurunan jumlah sewa, baik Lia maupun Koko tetap optimis bisnis penyewaan mobil akan tetap bisa bertahan.

"Kalo tutup sih tidak karena masih banyak masyarakat ekonomi menengah yang masih mengandalkan motor dalam kesehariannya  tetap membutuhkan mobil untuk acara-acara tertentu. Palingan kita harus jeli berkompetisi dengan para kompetitor, kerap memberikan promo-promo menarik serta servis lebih baik sehingga konsumen tetap datang terus," pungkas Lia.

Dan servis kepada pelanggan harus ditingkatkan ya bos? (aditya oka)

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag