Honda Borong 4 Gelar, Toyota Sienta Mobil Terbaik 2016 Versi ICOTY

Kamis, 15/12/2016 08:58 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Majalah otomotif  paling tua di Indonesia, Mobilmotor, melaksanakan perhelatan Indonesia Car of the Year (ICOTY) 2016 di Resto Jimbaran, Ancol, Rabu (14/12).

Sebanyak 11 pemenang kategori dihadirkan, di mana 4 model Honda berhasil menyabet predikat terbaik. Masing-masing model tersebut adalah Honda Brio Satya di kategori LCGC Sedan, All New Honda Jazz untuk kategori Compact Hatchback.

Dua model Honda lainnya yang berhasil meraih titel terbaik adalah New Honda Brio RS di segmen City Car dan Honda Civic Turbo untuk kategori Medium Sedan.

Meski demikian, pemegang gelar Indonesia Car of the Year 2016 versi mobilmotor jatuh pada model baru dari Toyota, yakni Sienta. MPV Compact produksi Karawang ini mampu menggugah selera para juri untuk memberikan nilai tertinggi dari seluruh pemenang kategori dan berhak menyandang predikat best of the best.

"Toyota cukup pintar dalam melihat peluang pasar dengan mengisi segmen yang ditinggalkan oleh Honda. Kita tahu kalau selama 7 tahun belakangan ini praktis cuma Honda Freed yang bermain di segmen Compact MPV dengan pintu geser,” jelas Dr Yannes Martinus, salah satu dewan juri.

Dilanjutkan Yannes, kelihatan kalau konsumen agak jenuh dengan Freed yang modelnya gitu-gitu aja, sampai akhirnya demand Freed terus anjlok. “Lalu hadir Toyota Sienta dengan wajah serta model yang lebih segar, dan konsumen suka,"  terangnya.

Kata Yannes, Toyota Sienta membawa sebuah penyegaran pada segmen Compact MPV di Tanah Air. Fascianya mengingatkan pada bentuk topeng-topeng khas Jepang. "Kenyamanan ruang kabin juga sangat mumpuni dengan pemakaian material berkualitas." .

Ajang mobilmotor ICOTY yang sudah masuk tahun ke-15 ini melibatkan sebanyak 28 mobil finalis dari berbagai merek yang ada di Indonesia. Konsep penilaian yang dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dalam mencari mobil.

"Penilaian juri dilakukan dengan dua metode, pertama yang bersifat subyektif (feeling) dengan persentase 40%, dan 60% menggunakan alat ukur. Kita melakukan penilaian seobyektif  dengan sistem terbuka dan bisa dilihat semua pihak," papar Rudy Kurniadi, Pemimpin Redaksi majalah Mobilmotor .

Model lainnya yang berhasil menjadi pemenang di kategori lainnya adalah Daihatsu Sigra untuk kategori LCGC MPV, Hyundai Santa FE di kategori SUV Diesel, sementara untuk kategori SUV Compact hadir Chevrolet Trax.

Kijang Innova hadir menjadi pemenang kategori MPV, dan di kategori Small MPV ada Suzuki Ertiga sebagai yang terbaik.

Di tahun ini, ajang mobilmotor ICOTY 2016 juga menghadirkan satu kategori khusus, yakni model hybrid terbaik yang dimenangkan oleh Toyota Camry. (Zie)

 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo