Obat Murah Hilangkan Gejala Getar Saat Yamaha Mio M3 Berakselerasi

Sabtu, 17/12/2016 11:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Gejala skuter matik Yamaha Mio M3 gemetar saat baru melaju di putaran rendah ternyata nggak tuntas hanya dengan membersihkan kopling dan pulley berikut rollernya. “Harus sekaligus ganti karet boshing kopling gandanya,” tunjuk M. Sakti Ajie, kepala mekanik bengkel resmi Yamaha Maju Jaya Motor, di Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Untuk pengganti bantalan kopling ganda berupa karet hitam berlubang di tengah mirip roller itu, disarankan, dari merk lain. “Kalau mau awet, bisa diganti dengan yang lebih keras,” tunjuk mekanik asli Betawi yang akrab disapa Aji itu.

Setelah mobilinanews menelusuri, ternyata bengkel spare-part menyarankan pakai 3 buah karet boshing kopling ganda milik Honda BeAT. Kebetulan, selain lebih tebal dan keras, bagian lubangnya terdapat boshing dari pelat. Jadi, makin kuat. Harganya, hanya di kisaran Rp 20.000,- untuk tiga boshing tadi.

Dijelaskan Aji, fungsi karet boshing adalah penahan gerak sentripetal alias gaya melontar ke luar kampas kopling, akibat putaran mesin meningkat. “Kalau boshing kopling ganda sudah tidak kuat, kotor atau sudah tepo, cenderung mengakibatkan getaran saat akan berakselerasi,” tuding Aji lagi.

Gejala gemetar saat berakselerasi mirip sekali dengan akibat kotornya belt, mangkuk roller dan roller yang peyang. Ini sangat mengganggu dan tidak nyaman.

Nah, urusan pemasangan boshing baru, biarkan mekanik bengkel yang bekerja.  Toh, mobilinanews hanya mengeluarkan biaya servis sebesar Rp 20.000,- untuk bongkar-pasang sekaligus membersihkan rumah kopling, pulley dan belt. Tidak perlulah berkotor-kotor tangan untuk hal yang sudah jadi tugas mekanik di bengkel. Yang penting, Mio M3 bisa langsung ngacir tanpa merasakan getaran saat akan memulai berjalan. (Aries Susanto)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060