Suzuki Ertiga Diesel Tidak Bisa Minum Solar Murah, Maaf! Cuma Mau Pertadex

Sabtu, 17/12/2016 16:39 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Masih banyak masyarakat yang percaya bahwa mobil bermesin diesel itu membutuhkan perawatan khusus. Namun bagi produsen mobil asal Jepang, Suzuki, semua itu terbantahkan. Karena pihaknya berniat memasarkan Ertiga Diesel dengan mesin hibrida yang mudah perawatan di Tanah Air. Rencananya, peluncuran akan dilakukan pada Februari 2017 mendatang.

Sejalan itu, PT Suzuki Indomobil Sales memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa mobil bermesin diesel itu perawatannya semudah mobil mesin bensin. "Secara perawatan, masih finalisasi. Tapi yang jelas, tidak ada perawatan khusus. Yang terpenting adalah menggunakan onderdil asli," kata  Harold Donnel, Section Head 4 Wheel Product Development, PT. Suzuki Indomobil Sales, di Bogor, Jawa Barat.

Selain itu Harold menuturkan, Suzuki akan menjadi yang pertama menawarkan mobil multi purpose vehicle bermesin diesel hibrida. Dan rencananya, hanya ada satu varian transmisi, yakni manual.

“Alasan manual, karena pemilik diesel rata-rata bukan pindahan dari bensin. Kami percaya, yang menggunakan diesel adalah orang yang berumur dan tidak mau ambil risiko mengendarai matik,” jelasnya.

Namun yang menjadi catatan penting adalah dengan kecanggihan yang ada pada sistem Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), tentu tidak semua BBM diesel bisa diisi ke mobil tersebut. Ada ketentuan khusus yang disarankan, yakni BBM harus memiliki angka cetane number minimal 48, atau setara dengan Pertadex.

"Untuk bahan bakarnya, kami akan rekomendasikan solar cetane number 48 atau 51, setara Pertadex. Kami sudah uji coba, dan semuanya aman,” kata Section Head 4 Wheel Product Development SIS, Harold Donnel, di Bogor, Jawa Barat.

Kendaraan, ya harus pakai bahan bakar yang direkomendasikan pabriknya! (Zhein)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman