Siap-Siap, Bajaj Chetak Asal India Bakal Menjadi Pesaing Serius Vespa

Selasa, 10/01/2017 18:57 WIB

mobilinanews (India) - Lama tidak bermain di segmen skuter, perusahaan otomotif India, Bajaj, siap bangkitkan kembali skuter fenomenalnya. Skuter yang bernama Bajaj Chetak itu sebelumnya sempat menjadi andalan pada era 2000-an.

Seiring perkembangan skuter, Bajaj akan merevisi tampilan Chetak sesuai dengan desain saat ini. Santer dikabarkan di dunia maya, desain paten skuter India tersebut nantinya dibekali mesin automatic dan terlihat lebih modern.

Dilansir Motorbeam, Chetak terbaru akan tiba di diler Indonesia pada bulan ke-10 tahun ini. Tentunya setelah pengajuan hak paten dilakukan. Kehadiran Chetak nampaknya bagian dari strategi Bajaj, karena belakangan Vespa mulai mengusai pasar skuter. Jelas, Chetak akan menjadi pesaing Vespa.

Dilihat dari sejarahnya, Bajaj Chetak diproduksi sejak 1972 hingga 2006. Skuter ini dibangun menggunakan basis Vespa Sprint lansiran tahun 1972. Produksi terakhirnya tahun 2002 lalu dan mengusung mesin 4-Tak 145 cc. Namun, kemungkinan besar Bajaj Chetak akan datang dengan penjejalan mesin berkapasitas 125cc.

Menurut Parichay Malvankar, owner shifting-gears, pengamat otomotif di India, Chetak baru bisa didukung oleh 125cc-150cc, silinder tunggal, berpendingin udara, dan dicocokkan dengan gearbox CVT otomatis. "Jelas Chetak masa sekarang akan lebih gesit," jelasnya.

Bajaj Chetak memiliki tampilan campuran retro dan modern. Terlihat dari kekontrasan ada pada joknya yang berbeda dengan warna tubuhnya. Namun, rincian lebih detail hingga kini belum terungkap.

Kita tunggu saja kedatangan skuter asal India ini yaa. (zhein)

 

Keyword : bajajsepeda-motor

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan