Serba-Serbi Dunia Car Audio : Merk Lokal VS Branded !

Jum'at, 24/02/2017 08:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Satu setengah dasawarsa terakhir boleh dibilang adalah warna energi buruk bagi merk-merk branded car audio dunia. Sebabnya sederhana, in house brand makin berkuasa.

“Zaman sudah berubah. Para pecinta car audio memang kini cenderung memilih merk lokal,” buka Jaka Sendrawan, pentolan Masindo  grup yang memgang sejumlah merk ternama seperti Asuka, Momentum, Concept dan lain-lain.

Tidak bisa dipungkiri ini memang trend . Jika dulu kita sangat mudah melihat merk-merk Amerika seperti Soundstream, Orion, Precision, Kicker dan yang lain, maka tidak untuk hari ini.

Gerai-gerai serta installer Indonesia cenderung memilih, memajang dan bekerja sama dengan merk-merk lokal yang namanya makin harum dan makin diburu orang. Sebut saja Vox Research, Venom, Cello, Performa, Dominations, Crescendo dan seterusnya adalah sedikit dari sekian banyak merk local yang sudah go internasional.

Melalui berbagai  kontes yang digadang oleh lembaga car audio dunia seperti EMMA atau IASCA merk lokal ini berhasil menembus pasaran dunia dan tentu saja mampu mendominasi gelar juara yang dulu hanya mungkin diraih oleh merk branded.

Ini dimungkinkan karena banyak sebenarnya dari merk-merk yang sudah berpindah tangan alias “dijual” pada pihak lain dan kebanyakan dari Asia dan China. “Bagi kita pemegang merk, cenderung lebih strategis untuk dapat mempunyai merk sendiri, karena segala kebijakannya bisa kita atur sendiri,” tambah Jaka.

Lantas bagaimana dengan kualitas dan harga? Dari pantauan mobilinanews.com, memang merk-merk lokal ini mempunyai harga retail yang sangat bersaing alias lebih murah dengan kualitas yang bisa dipertanggung jawabkan.

Terbukti, banyak merk audio lokal Indonesia yang sudah mendapatkan gelar juara internasional dan bersaing dari merk-merk lokal Asia, Eropa dan Amerika dalam berbagai kejuaraan car audio, terutama sound quality.

Jadi, masih ragu dengan brand local…? (boy prabowo)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060