Otak-Atik Mesin, Upgrade Ringan Mesin Suzuki F10A

Jum'at, 24/02/2017 12:54 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Suzuki F10A merupakan salah satu mesin handal dan legendaris pabrikan Suzuki. Populasi mesin ini di Indonesia terbilang sangat banyak karena menjadi daya pacu utama mobil Suzuki Carry 1.0, Suzuki Karimun, dan Suzuki Jimny.

Nah, biasanya buat kebutuhan offroad baik itu adventure atau speed, mesin F10A standar dianggap kurang mumpuni. Tapi, bisa disiasati dengan penggantian mesin yang merupakan langkah instan yang banyak dipilih.

Tentu dengan trik jitu dan budget yang tidak terlalu mahal, Suzuki F10A mampu menjadi mesin yang sangat bisa diandalkan dalam berbagai macama kebutuhan. Karena ketersediaan onderdil yang melimpah dan murah serta durability yang bisa diandalkan.

Buat yang penasaran, langkah awalnya adalah sebagai berikut :

1.Istilah porting polish memang sudah sering kita dengar. Namun harus diperhatikan adalah bagian mana yang diporting dan dipolish? Sebesar apa? Dan bagaimana bentuknya. Ingat tidak semua porting polish baik. Banyak sekali kejadian setelah melakukan ini, mobil malah boyo, lelet, boros dan over heat. Carilah bengkel terpercaya dan rasakan garapan engkel ini sebelumnya pada mesin sejenis.

2.Three dan five angle seat valve bisa dijadikan pilihan. Triknya adalah membuat gerak alur yang berbeda pada pola bahan bakar serta  udara sedemikian rupa. Jika tepat tenaga akan lebih melimpah dan tarikan serta torsi akan meningkat. Sediakan kocek dari Rp 2-3 juta rupiah, tergantung pada siapa yang mengerjakan.

3.Upgrade pengapian. F10A masih menggunakan sistem pengapian konvensional. Penggatian CDI (jika masih platina), coil serta kabel busi bisa mengoptimalkan sisi pembakaran. Di after market sendiri banyak sekali pilihan dari produk lokal hingga Amerika.

4.Lakukan sedikit sentuhan pada camshaft. Bisa dilakukan pada cam standar. Budgetnya sekitar Rp 2-2,5 juta, atau jika ada budget lebih bisa membeli produk after market dari Suzuki Sport.

5.Merubah exhaust sytem juga dipercaya memberi tenaga tambahan. Dimulai dari penggunaan header 4-1 atau 4-2-1 (tergantung kebutuhan). Pengalaman mobilinannews.com menggunakan 4-1 lebih fast respon. Ada beberapa macam ukuran yaitu pendek, sedang dan panjang. Makin pendek jarak leher ”biasanya” lebih unggul diputaran bawah namun sedikit loyo di putaran atas. Demikian juga sebaliknya.

6.Penggantian karburator juga bisa dijadikan pilihan. Jika mau murah, karburator Suzuki Futura bisa dijakdikan opsi, lanaran ukuran yang jauh lebih besar pada bagian hisap. Atau bisa juga menggunakan karburator Kei Hin copotan Honda Prelude, yang sudah menmggunakan tippe 2 barrel side draft.

7.Ganti fan sistem belt dengan elektrik fan. Produk suzuki Karimun sangat bisa digunakan. Efek nya adalah beban mesin jadi sedikit lebih ringan dan pendinginan jadi lebih sempurna karena lebih stabil. (boy prabowo)

 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo