Tips & Trik : Cara Jitu Agar Mobil Anda Irit Bahan Bakar

Sabtu, 25/02/2017 14:25 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pasti semua orang ingin mempunyai mobil yang irit bahan bakar. Selain tidak membuat dompet bolong, dengan mobil yang irit bahan bakar kita sudah membantu program pemerintah dan mendukung program internasional yang mengupayakan bumi menjadi lebih sehat, bersih dan hijau.

Namun,  banyak sekali orang yang tidak paham cara membuat mobil menjadi irit . Boleh jadi mesin sama-sama menggunakan mesin 1000 cc yang berada pada mobil LCGC, namun rasio fuel consumption-nya sangat berbeda.

Ini dikarenakan para pemilik kendaraan seringkali melupakan hal-hal sepele yang ternyata penting dalam menjaga performa mesin dan kendaraan secara optimal yang berujung pada rasio fuel consumtion yang irit.

Langkah-langkah sedernaha dibawah ini bisa menjadikan mobil kamu lebih irit bahan bakar :

1.Atur tekanan ban sesuai dengan arahan manual book. Ban yang terlalu kempes membuat putaran ban menjadi berat dan menjadikan beban berlebih buat mesin mobil. Namun jika terlalu keras pun selain akan mengurangi perorma dari ban tersebut, efek lainnya adalah berkendara menjadi tidak nyaman.

2.Tapak ban yang lebih tipis mempunyai  koefisien friksi yang lebih kecil. Artinya mobil akan menjadi lebih laju. Namun ini adalah pilihan dan selera, karena banyak dari kita memlilih ban dengan dengan tapak lebar yang mampu meningkatkan efek cengkraman pada aspal. Ini jelas terbalik dengan kebutuhan irit bahan bakar.

3.Gunakan selalu bahan bakar tanpa timbal dengan nilai oktan yang tinggi. Mesin-mesin modern sekarang rata-rata sudah mempunyai nilai kompresi tinggi yang sangat membutuhkan bahan bakar beroktan tinggi. Dengan begitu proses pembakaran jadi lebih sempurna dan efisiensi bahan bakar akan meningkat.

4.Mobil harusalah ringan dan bersih. Hindari membawa bawaan yang tidak perlu dalam kabin mobil. Banyak dari kita menganggap mobil seperti rumah kedua, sehingga segala hal ada dalam mobil seperti sepatu, baju, buku, kosmetik, hingga sampah-sampah. Logikanya makin ringan mobil maka akan mengurangi beban mesin dan bisa meningkatkan efisiensi. Penggunaan perangkat audio, velg lebar dengan bobot yang berat, modifkasi bodi seperti penggunaan bodi fiber yang berat dsb dipercaya bisa meningkatkan bobot mobil dan membebani mesin. Ujung-ujungnya efisiensi berkurang.

5.Selalu gunakan timing shifting pada mode eco. Pada mobil modern, mode eco biasanya sudah terdapat sebagai paduan kita untuk mendapatkan efisiensi paling baik. Namun jika tidak ada, kita bisa melatih mode eco dengan selalu menjaga rpm mobil tidak terlalu tinggi.

Sebenarnya masih banyak hal lain yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi seperti stabitas pasokan listrik, pasokan udara bersih dll. Hal ini akan mobilinanews.com bahas pada artikel berikutnya.

So, selamat mencoba. (boy prabowo)

TERKINI
Honda FL5 dan Hyundai TCR Yang Diangkut Pesawat ke Malaysia, Ternyata Oleh Perusahaan H Andy Surya Santosa Yang Perally Segera Download Aplikasi GASPOLL by IMI, Dan Dapatkan Banyak Benefit Dengan Memiliki KTA IMI PEVS 2024 : Yuk Jajal Langsung dan Rasakan Sensasi Naik Motor Listrik Honda MotoGP 2024: Adaptasi Sudah Beres, Tiba Saatnya Marc Marquez Ngegas GP23 Melawan GP24